get app
inews
Aa Read Next : Mastama STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua: Proses Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kampus

Festival Egrang, Lestarikan Kaulinan Zaman Dulu dan Bentuk Karakter Anak Berbasis Budaya Lokal

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 11:56 WIB
header img
Festival Egrang, Lestarikan Kaulinan Zaman Dulu dan Bentuk Karakter Anak Berbasis Budaya Lokal Jawa Barat. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhammad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – Egrang merupakan salah satu kaulinan (permainan) zaman dulu yang saat ini hampir dilupakan khususnya oleh kangan anak-anak dan generasi muda. Untuk mengembalikan eksistensi kaulinan tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menggelar Festival Egrang di Lapang Astana Gede, Kawali, Kabupaten Ciamis, pada Rabu (26/10/2022).

Festival Egrang ini diikuti oleh ribuan siswa dan masyarakat Kabupaten Ciamis. Mereka tampak begitu antusias mengikuti ajang Festival Egrang yang dilepas oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi istri, Atalia Praratya dan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Festival Egrang yang digelar kali ini tercatat sebagai festival dengan rekor jumlah peserta terbanyak di Indonesia, yang sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh Sulawesi.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, kaulinan zaman baheula yang jumlahnya sangat banyak mesti dilestarikan Kembali. Pasalnya, hal tersebut merupakan salah satu upaya menghindari permainan gadget yang saat ini marak dilakukan oleh kalangan anak-anak.

"Kaulinan-kaulinan Jawa Barat ini bisa terus kita lestarikan dengan cara yang meriah seperti ini. Mudah-mudahan nanti suatu hari siapa tahu egrang Ciamis akan menjadi mendunia dan menjadi budaya dunia di masa depan," kata Ridwan Kamil.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jabar, Dedi Supandi mengatakan, selain mengembalikan budaya tradisional, kaulinan egrang tersebut merupakan salah satu aspek pendidikan bagi para siswa sekolah.

“Jadi pendidikan itu harus punya karakter, bukan cuma hanya cerita tentang dia pintar tapi diapun juga mengembangkan budaya-budaya lokal di Jawa Barat," kata Dedi.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut