get app
inews
Aa Read Next : Selama Tahun 2024, DBD Renggut 9 Nyawa Warga Ciamis dan 1.237 Orang Dirawat

Perajin Tahu di Ciamis Keluhkan Naiknya Harga Kedelai, Omzet Jualan Turun 30 Persen

Rabu, 12 Oktober 2022 | 11:45 WIB
header img
Perajin Tahu di Ciamis Keluhkan Naiknya Harga Kedelai, Omzet Jualan Turun 30 Persen. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – Perajin tahu di Kabupaten Ciamis keluhkan naiknya harga kacang kedelai sebagai bahan baku utama pembuatan tahun. Harga kacang kedelai yang semula Rp12.800 per kilogram, naik menjadi Rp13.200 per kilogram.

Seperti halnya yang dikeluhkan oleh Dede, salah seorang perajin tahun di Dusun Cibodas, Desa Cisadap, Kecamatan Ciamis. Menurutnya, kenaikan harga kacang kedelai terjadi usai kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu.

Dede terpaksa harus putar otak agar usahanya terus berjalan dan tidak mengalami kerugian dampak dari kenaikan harga kacang kedelai.

“Harga kedelai mulai naik setelah harga BBM naik. Naiknya Rp500 per kg,” ujar Dede, Rabu (12/10/2022).

Ia menuturkan, produksi tahu tetap dijalankan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan langganan di pasar. Dede mengaku tidak berani memperkecil ukuran tahu karena ukuran yang saat ini sudah termasuk kecil.

“Kita masih produksi tahu yang dijual Rp200 sampai Rp300 per biji. Kita gak mau kehilangan konsumen. Untuk harga masih belum ada kenaikan sehingga ada penuturunan omzet sekitar 30 persen,” ungkapnya.

Dede berencana akan melakukan perubahan harga sebagai antisipasi menurunnya pendapatan. “Mungkin nanti akan lakukan perubahan harga,” ungkapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut