get app
inews
Aa Read Next : Mastama STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua: Proses Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kampus

Dalam Sehari tercatat 5 Titik Longsor Terjadi di Ciamis, Warga Terdampak Diimbau Mengungsi

Selasa, 04 Oktober 2022 | 22:15 WIB
header img
Dalam Sehari tercatat 5 Titik Longsor Terjadi di Ciamis, Warga Terdampak Diimbau Mengungsi. Foto: Istimewa)

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis mencatat sedikitnya ada 5 titik longsor terjadi dalam sehari di Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan anggota FK Tagana Ciamis, Anwar. Selasa (4/10/2022). 

Anwar mengungkapkan, tingginya curah hujan yang terus terjadi dan mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis, menjadi faktor utama penyebab terjadinya bencana longsor. Hingga Selasa malam (03/09/2022) sedikitnya ada 5 Titik longsor yang terjadi dibeberapa wilayah Kabupaten Ciamis, dan hingga saat ini pihaknya terus menerima adanya laporan yang masuk.

"Dari beberapa titik longsor yang terjadi, selain menutup akses jalan ada juga yang mengancam rumah warga, hingga mengakibatkan jebolnya belakang rumah di lokasi longsor," Katanya. 

Beberapa laporan yang diterima memang longsor terjadi di 4 Kecamatan Ciamis diantaranya Kecamatan Cikoneng, Panawangan, Cihaurbeti dan Kecamatan Lumbung.

"Dalam kejadian longsor saat ini memang tidak ada korban jiwa, namun ada beberapa rumah warga yang tertimpa tanah longsoran yang mengakibatkan beberapa dingding rumahnya jebol oleh material longsor ,". terangnya. 

Anwar menghimbau kepada masyarakat yang rumahnya berada di lokasi rawan longsor untuk mengungsi terlebih dahulu pada musim penghujan , karena dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan karena intensitas hujan di Ciamis masih terus terjadi. 

"Untuk langkah antisipasi masyarakat di harapkan mengetahui lingkungan sekitar, terutama warga yang berada di daerah yang rawan longsor untuk mengungsi terlebih dahulu. Karenea dikawatirkan bencana longsor bisa terjadi pada malam hari saat warga sedang melakukan istirahat ," tambahnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut