get app
inews
Aa Read Next : 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak, Salah Satunya Duduk dalam Waktu Lama

Dosen STIkes Muhammadiyah Ciamis Ciptakan Aplikasi Kepatuhan Ibu Hamil Konsumsi Tablet Fe

Jum'at, 16 September 2022 | 14:05 WIB
header img
Metty Nurherliyany menunjukan aplikasi Fe-MNHY ciptaannya. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

Metty menuturkan, aplikasi Fe-MNHY ini juga sebagai pengingat bagi ibu hamil untuk mengonsumsi tablet Fe sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Ia menyebut, banyak kejadian bidan tidak menemukan atau tidak mendata kepatuhan ibu hamil dalam mengomsi tablet Fe di rumah. Sehingga diciptakanlah aplikasi ini.

“Di dalamnya ada pengingat atau notifikasi untuk mengingatkan ibu hamil untuk segera mengosumsi tablet Fe. Pihak keluarga pun dilibatkan untuk mengingatkan ibu hamil jika ada bunyi notifikasi konsumsi tablet Fe dari aplikasi,” tambah Metty.

Dosen STIKes Muhammadiyah Ciamis ini menambahkan, dalam aplikasi yang diciptakannya tersebut, antara ibu hamil dengan bidan bisa melakukan interaksi dan komunikasi melalui chat layaknya WhatsApp.

“Bisa chatting juga untuk konsultasi kesehatan. Ada juga beberapa fitur tentang pendidikan kesehatan yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Bisa juga mengecek kadar HB ibu hamil, grafik peningkatan maupun berat badan, dan grafik kepatuhan,” tambahnya.

Ibu dua anak berharap, aplikasi yang digagas dan diciptakannya bisa memberikan solusi bagi dunia kesehatan terutama bagi ibu hamil dan bidan. “Mudah-mudahan aplikasi bisa memberikan manfaat bagi dunia kesehatan,” pungkasnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut