get app
inews
Aa Read Next : 5 Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak, Salah Satunya Duduk dalam Waktu Lama

Dosen STIkes Muhammadiyah Ciamis Ciptakan Aplikasi Kepatuhan Ibu Hamil Konsumsi Tablet Fe

Jum'at, 16 September 2022 | 14:05 WIB
header img
Metty Nurherliyany menunjukan aplikasi Fe-MNHY ciptaannya. (Foto: iNewsTasikmalaya.id/Asep Juhariyono)

Aplikasi Fe-MNHY merupakan aplikasi Fe Metty Nurherliyany, yaitu berupa software berbasis android yang dibuat oleh seorang programer berdasarkan rancangan Metty, untuk dapat digunakan dalam upaya pencegahan anemia pada ibu hamil dengan melakukan pemantauan dalam mengonsumsi tablet Fe.

“Fe-MNHY ini merupakan suatu program yang dirancang sebagai sistem pemantauan konsumsi tablet Fe yang digunakan oleh bidan dengan pasien (ibu hamil) yang saling berhubungan,” ujar Metty, Kamis (16/9/2021)

“Bidan selaku pemantau sekaligus sebagai pemberi input untuk mengingatkan pasien dalam mengonsumsi tablet Fe setiap harinya, dan pasien selaku penerima input dari bidan untuk melaksanakan dan mematuhi perintah dengan mengisi kolom persetujuan yang menjadi dasar sebagai output yang diberikan,” sambungnya.

Menurut Metty, rekap data terjadi di bidan sebagai bahan evaluasi tentang konsumsi tablet Fe oleh ibu hamil dan sebagai informasi ketika ibu hamil melakukan pemeriksaannya.

“Fungsi dasar aplikasi ini adalah sebagai media untuk membantu pasien sebagai pengingat dalam mengonsumsi tablet Fe yang disampaikan oleh tenaga kesehatan (bidan). Tujuan aplikasi ini meningkatkan kedisiplinan pasien mengonsumsi obat yang dimonitoring langsung oleh tenaga kesehatan,” ucapnya.

Lebih jauh Metty menjelaskan, pada tampilan muka aplikasi Fe MNHY terdapat dua pilihan yakni akses pasien dan akses bidan. Untuk dapat menggunakan aplikasi Fe-MNHY tersebut, pasien maupun nakes harus login terlebih dahulu.

Bagi ibu hamil nantinya akan diarahkan untuk menuju pilihan akses pasien, sedangkan nakes diarahkan ke pilihan akses bidan. Kemudian untuk melanjutkannya, baik ibu hamil maupun bidan harus mengisi dua kolom yang merupakan username dan kata sandi.

“Jadi pada saat ibu hamil datang ke puskesmas maupun tempat praktik bidan, ibu hamil diberikan aplikasi ini. Kemudian bidan mendaftarkan username dengan nama pasien dengan passwordnya sebanyak 6 digit yang mudah diingat sama ibu hamil,” kata dia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut