get app
inews
Aa Read Next : VIDEO: Ritual Gubuk Cinta Suku Kreung Kamboja, Tradisi untuk Anak Perempuan Memilih Calon Suami

Negara Komunis yang Masih Ada hingga saat Ini, Ada Tetangga Indonesia

Senin, 12 September 2022 | 17:26 WIB
header img
Negara Komunis yang Masih Ada hingga saat Ini, Sebagian Besar Berada di Benua Asia. (Foto: Reuters)

3. Laos

Negara komunis yang masih ada hingga saat ini ketiga yakni Laos. Pada 1975, Laos secara resmi menjadi negara komunis setelah mengakhiri rezim monarki.

Kala itu, revolusi Laos diduga melibatkan peran Uni Soviet dan Vietnam sehingga memegang paham komunis.

Seperti Tiongkok, Laos juga melonggarkan prinsip komunisnya pada 1988 dengan menginzinkan beberapa aturan kepemilikan pribadi.

4. Vietnam

Negara komunis yang masih ada hingga saat ini yang keempat adalah Vietnam. Negara di Asia Tenggara ini remsi menganut paham komunis setelah Vietnam Utara dipengaruhi Uni Soviet dan Vietnam Selatan dipengaruhi Amerika Serikat, pada 2 Juli 1976.

Vietnam memperkenalkan kebijakan yang dikenal sebagai Doi Moi pada 1986. Kebijakan tersebut mengubah sistem ekonomi negara, yakni dengan membuka pintu bisnis bagi investor asing, mengikuti langkah negara-negara komunis lainnya.

Diketahui, Vietnam punya sejarah luar biasa dengan mempecundangi negeri adidaya, Amerika Serikat dalam perang yang bergolak pada 1 November 1955 hingga 30 April 1975.

Pasukan negeri Paman Sam yang dibekali peralatan tempur canggih dan prajurit terlatih, harus angkat kaki setelah frustrasi menghadapi taktik perang gerilya para pejuang Vietnam berjuluk Viet Chong.

5. Kuba

Negara komunis yang masih ada hingga saat ini yang terakhir adalah Kuba. Negara ini menjadi satu-satunya negara komunis yang berada di Amerika Latin.

Kuba secara resmi menganut paham komunis pada 1953. Kala itu, Kuba menjalin hubungan dekat dengan Uni Soviet, sampai Amerika Serikat memberikan sanksi pelarangan perdagangan.

Ketika Barack Obama menjabat sebagai Presiden AS, hubungan antara dua negara ini dilonggarkan. Namun, pada 2017 saat Presiden Donal Trump, Amerika Serikat kembali melakukan blokade dan memperketat pembatasan perjalanan ke Kuba.

Itulah negara komunis yang masih ada hingga saat ini di dunia, ada tetangga Indonesia.

 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut