get app
inews
Aa Read Next : VIDEO: Ritual Gubuk Cinta Suku Kreung Kamboja, Tradisi untuk Anak Perempuan Memilih Calon Suami

Jangan Salah! Begini Cara Cabut Gigi Sendiri di Rumah

Rabu, 03 Agustus 2022 | 09:43 WIB
header img
Cara mencabut gigi sendiri di rumah (Foto: ilustrasi)

2. Dorong Menggunakan Lidah 

Gigi yang sudah goyang jika didorong terus menerus menggunakan lidah secara perlahan, maka akan terangkat dan terlepas dengan sendirinya. 

Apalagi jika gigi goyang ini dialami oleh seorang anak yang belum paham apa yang harus dilakukan. Jika dirasa tidak perlu datang ke dokter, maka dorong secara perlahan menggunakan lidah. Namun bila takut, Anda bisa memeriksakannya terlebih dulu ke dokter gigi. 

3. Buatlah Gigi Terasa Kebas

 Jika gigi terasa sedikit lagi sudah bisa dicabut, maka Anda bisa meminimalisir rasa sakit. Caranya, kebaskan dulu gusi Anda menggunakan es batu. 

Cara sederhana agar dapat membuat jaringan gusi dan sekitar gigi kebas adalah dengan mengoleskan es batu ke gusi. Tetapi sebelumnya, pastikan es batu sudah dalam keadaan basah agar tidak menempel ke gusi. 

4. Menggunakan Benang 

Cara mencabut gigi sendiri di rumah yang umum diketahui yakni dengan menggunakan benang. Sejak dulu,  sebagian orang mencabut gigi sendiri  dengan menggunakan benang yang dijepitkan di pintu, sehingga gigi akan tercabut dari akarnya dengan cepat. 

Tetapi cara ini penuh dengan risiko, karena mencabut gigi bukanlah hal yang mudah dan bisa saja terjadi infeksi, bahkan memperparah keadaan. 

Jadi, apabila gigi yang goyang adalah gigi permanen, maka Anda sangat tidak disarankan untuk mencabut gigi sendiri. Sebab, gigi permanen memiliki akar yang panjang dan kuat, tertanam di tulang rahang. Selain itu, di sekitar akar gigi, terutama di bagian geraham belakang, juga lewat banyak pembuluh darah dan saraf. 

Oleh karenanya mencabut gigi sendiri bisa menyebabkan perlukaan pada pembuluh darah ataupun persarafan yang lewat di sekitar akar gigi. Bahkan, dapat menyebabkan komplikasi, seperti infeksi, perdarahan, hingga gangguan saraf wajah.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut