get app
inews
Aa Read Next : VIDEO: Ritual Gubuk Cinta Suku Kreung Kamboja, Tradisi untuk Anak Perempuan Memilih Calon Suami

Menolak Mati, Inilah Sejarah PO Bus Aladdin Sang Legendaris Asal Ciamis

Rabu, 20 Juli 2022 | 17:01 WIB
header img
Menolak Mati, Inilah Sejarah PO Bus Aladdin Sang Legendaris Asal Ciamis. (Foto: Kaskus)

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - PO Aladdin merupakan salah satu perusahaan otobus (PO) legendaris di Indonesia yang sejarahnya sangat menarik untuk dibahas. PO Bus Alladin asal Ciamis, Jawa Barat ini pernah merasakan masa kejayaannya di dekade 1980-an hingga 1990-an.

Hingga sekarang bus asal Priangan Timur ini diketahui masih tetap bertahan. Tetapi, keberadaan PO Aladdin sebagai salah satu angkutan umum darat tidak sebesar pada masa awal kejayaannya dulu.

PO Aladdin Sebagai salah satu bus legendaris, telah banyak melalui peliknya dinamika perkembangan moda transportasi penumpang di Tanah Air. Berikut adalah riwayat PO Bus Aladdin dari masa ke masa hingga saat ini.

Sejarah PO Bus Aladdin, Bus Legend dari Ciamis Dilansir iNews.id, Selasa (19/7/2022), asal-usul nama PO Aladdin ini belum diketahui secara pasti. Belum ada sumber valid dan terpercaya mengenai hal tersebut dan kapan pastinya PO ini didirikan.

Kendati demikian, PO asal Ciamis tersebut diketahui sudah eksis sejak tahun 1960-an. Bidang transportasi bus saat itu memang menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan.

Po Aladdin didirikan oleh Haji Aceng Kendar dan bermarkas di jalan Jenderal Sudirman No.86, Ciamis Jawa Barat. Pada masa jayanya, bus kebanggaan Ciamis ini sukses melebarkan sayap dengan membuka sejumlah trayek jarak jauh.

Tak hanya melayani antarkota dalam provinsi, bus dari Jawa Barat ini juga memperluas trayeknya ke Ibukota dan beberapa kota besar di Jawa Tengah.  

Memiliki lebih dari 160 unit armada, Aladdin saat itu membuka melayani jalur Banjar-Jakarta, Kawali-Jakarta, Lumbung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Bandung-Yogya-Solo, Bandung Madiun, Bandung-Purwokerto, Sukabumi-Wonogiri, Tasik-Purwokerto, Tasik-Yogya-Solo, dan Tasik-Semarang-Kudus.

Dengan armada bus besar, Aladdin menjadi bus yang bus AKAP yang sangat terkenal pada masanya. Sayangnya, pamor Aladdin mulai meredup ketika memasuki masa malaise di tahun 1998 hingga awal tahun 2000.

Saat itu, banyak perusahaan transportasi yang sekarat karena krisis moneter, tak terkecuali Aladdin. Krisis yang menyebabkan mahalnya suku cadang bus membuat Aladdin terpaksa menjual atau mengandangkan sejumlah unit armadanya. PO yang sebelumnya memiliki ratusan armada itu akhirnya terus mengalami kemerosotan hingga tersisa puluhan unit saja.

Sejak dulu, ciri khas bus ini adalah wajahnya yang terdiri dari kombinasi warna putih dominan berpadu dengan corak coklat dan merah. Sasis bus yang digunakan saat itu adalah dominasi produk Hino dan Mercedes Benz. Kebanyakan adalah seri lawas seperti OH 1518 dan OH 1521.

Saat ini, hampir semua seri bus besar Aladdin sudah tidak tersisa. Pasalnya, PO Aladdin memutuskan untuk turun level menggunakan armada bus medium sejak tahun 2011 silam.  

Pada tahun 2015, Aladdin juga sudah tidak melayani beberapa trayek lagi. Jalur bus legendaris dari Ciamis itu kini hanya Tasik-Cirebon-Tegal-Semarang, Tasik-Purwokerto-Yogya, dan Bandung-Purwokerto.

Memiliki 6 Seri

Diketahui terdapat enam seri bus Aladdin dengan kode A-F. Hal yang unik adalah masing-masing seri dikelola oleh anak-anak dari Haji Aceng Kendar. Penampakan kode seri tersebut biasanya terdapat pada bagian depan bus.

Bus dengan kode seri A, dikelola oleh Hajjah Tati yang merupakan anak sulung Haji Aceng Kendar. Sementara seri B dikelola oleh Haji Tatang Aceng Kendar, dan seri C dipegang oleh Hajjah Ayi selaku anak ketiga.  

Berikutnya, bus dengan seri D dikelola oleh Haji Uung, kemudian seri E kelola oleh Haji Yaya, dan yang terakhir adalah seri F dikelola oleh Haji Dede. Untuk bus seri D yang dikelola oleh Haji Uung diketahui memiliki garasi pusat di Bandung. Sementara seri lainnya punya garasi pusat di Ciamis.  

Dari semua seri tersebut, bus seri B saat ini memiliki armada bus paling banyak. Selain bus, PO Aladdin juga terjun di bisnis jasa angkutan kota yang melayani trayek lokal di Ciamis.

Demikian adalah sejarah  PO Bus Aladdin sebagai salah satu perusahaan otobus (PO) legendaris asal Ciamis. Seolah menolak mati, bus Aladdin dengan ukuran medium masih sering terlihat aktif di sepanjang jalan-jalan kota yang dilaluinya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut