get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Impounding Bendungan Leuwikeris, Layanan Air Bersih di Kota Banjar Terancam Terganggu

Jum'at, 26 Juli 2024 | 17:06 WIB
header img
Impounding Bendungan Leuwikeris, layanan air bersih di Kota Banjar terancam terganggu. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Direktur Perumdam Tirta Anom Kota Banjar, E Fitrah Nurkamilah menyampaikan bahwa layanan air bersih untuk masyarakat akan terganggu selama 55 hari mulai 15 Agustus 2024.

Pelayanan air bersih ini akan terganggu akibat dilakukannya impounding atau pengisian Bendungan Leuwikeris yang ada di wilayah perbatasan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya.

"Layanan air bersih untuk masyarakat dari Perumda Tirta Anom berpotensi terganggu selama 55 hari," kata Fitrah usai melakukan rapat dengan Komisi II DPRD Kota Banjar, Jumat (26/72/2024).

Ia menyebutkan masa impounding pada Bendungan Leuwikeris ini tentu akan berdampak pada ketersediaan air di Sungai Citanduy. "Sehingga, pengolahan air baku Perumdam Tirta Anom akan terganggu," ujarnya.

Impounding juga secara analisis kajian, akan berdampak pada menurunnya kas penerimaan perusahaan dari pelanggan untuk biaya operasional sebesar Rp 1,2 miliar per bulan. "Belum dampak lainnya," kata dia.

Dalam mengantisipasi dampak tersebut, Perumdam Tirta Anom menyampaikan kepada Pemerintah dan DPRD Kota Banjar agar meminta kepada BBWS Citanduy untuk dibuatkan sumur dalam di lima intake pengolahan air baku.

Karena jika tidak dilakukan maka layanan air bersih kepada masyarakat terancam terganggu dan sebanyak 54 ribu jiwa akan terdampak impounding Bendungan Leuwikeris.

“Untuk itu kami meminta agar dibuatkan sumur dalam sebagai sumber air baku di lima titik lokasi dengan kapasitas 220 liter per detik," katanya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut