get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Kamis 18 Juli 2024

Disnakan Ciamis Temukan 9 Ekor Sapi Kurban Terjangkit Penyakit Hati

Rabu, 19 Juni 2024 | 07:38 WIB
header img
Disnakan Ciamis temukan 9 ekor sapi kurban terjangkit penyakit hati. Foto: Dok Disnakan Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Tim Kesmavet Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ciamis yang melakukan pemeriksaan postmortem hewan kurban hasil penyembelihan pada hari H Idul Adha, Senin (17/6/2024) menemukan 9 ekor sapi yang terjangkit penyakit cacing hati (Fasciola hepatica). Berikut dua ekor domba.

“Itu hasil pemeriksaan post mortem hari kemarin pada hari H Idul Adha (Senin, 17/6/2024),” ujar Ketua Tim Kerja Substansi (KKS) Kesmavet Disnakan Ciamis, Budiono SPt kepada iNewsCiamisRaya.id, Selasa (18/6/2024).

Pada hari H Idul Adha, Senin (17/6/2024) ada 139 ekor sapi, 44 ekor domba, dan 36 ekor kambing yang berhasil diperiksa kesehatan post mortemnya setelah disembelih. Pemeriksaan dilakukan oleh 5 tim Kesmavet yang disebar di 5 wilayah UPTD Disnakan Ciamis.

Hewan kurban yang diperiksa kesehatan post mortemnya (pasca disembelih) pada hari H Idul Adha, Senin (17/6/2024) tersebut terbanyak di daerah Ciamis Kota.

Menurut Budiono, dari 139 sapi kurban yang sudah disembelih, sembilan ekor diantaranya positif mengidap penyakit cacing hati.

Sebanyak 22 kg hati dari 9 ekor sapi yang positif mengidap parasit cacing hati tersebut diamankan untuk diafkir (dimusnahkan). Hati sapi yang tercemar cacing hati tersebut jangan sampai dibagikan dan dicampur dengan daging kurban lainnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut