get app
inews
Aa Read Next : Selain Rasanya Lezat, Ini 4 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

10 Makanan yang Dapat Turunkan Kolesterol dengan Cepat, Singkirkan Lemak Jahat

Minggu, 19 Mei 2024 | 15:03 WIB
header img
Makanan yang dapat turunkan kolesterol dengan cepat, singkirkan lemak jahat. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Ada beberapa makanan yang efektif menurunkan kolesterol dengan cepat tetapi juga sangat menyehatkan. Makanan ini terbukti ampuh untuk menghilangkan lemak jahat dalam darah yang menyebabkan kadar kolesterol tinggi

Mengonsumsi makanan ini dapat membantu Anda mengontrol kadar kolesterol dalam darah agar tetap normal. Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah dan merupakan komponen penting untuk tubuh karena berbagai alasan. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, memproduksi hormon, dan membuat vitamin D serta zat-zat yang membantu pencernaan makanan. 

Namun, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kolesterol tinggi dapat diturunkan dan seringkali disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang tidak sehat. Dengan perubahan gaya hidup dan pola makan yang tepat kolesterol tinggi bisa dicegah dan diobati.

Dilansir dari Health Line, berikut ini makanan yang dapat menurunkan kolesterol dengan cepat.

Makanan yang Dapat Turunkan Kolesterol dengan Cepat

1. Gandum

Memulai hari dengan oatmeal atau sereal berbahan dasar oat (gandum) untuk sarapan pagi adalah langkah mudah untuk mulai menurunkan kolesterol. Mengonsumsi makanan ini bisa memberikan satu hingga dua gram serat larut yang mudah diserap oleh tubuh. Menambahkan buah-buahan seperti pisang atau stroberi bisa menambah setengah gram serat larut lagi.

2. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat. Dalam sebuah penelitian telah menemukan bahwa orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas dan memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi, saat mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari, dipercaya dapat menurunkan kadar jahat mereka lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

3. Air Kelapa

Air kelapa merupakan salah satu minuman alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Karena Air kelapa mengandung sebagian besar air, sekitar 94 persen, sehingga rendah kalori dan rendah lemak. Selain itu, air kelapa tidak mengandung santan, yang merupakan sumber kolesterol jenuh yang bisa meningkatkan risiko penumpukan kolesterol di dalam tubuh.

4. Kacang-kacangan

Studi menunjukkan bahwa makan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Makan dua ons kacang sehari bisa sedikit menurunkan kolesterol jahat atau lemak jahat sekitar 5 persen. Kacang juga memiliki nutrisi tambahan yang melindungi jantung dengan cara lain.

5. Ikan

Mengonsumsi ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan kolesterol jahat dengan dua cara, yaitu dengan mengganti daging yang memiliki lemak jenuh penambah kolesterol jahat dan dengan memberikan lemak omega-3 penurun kolesterol jahat. Kandungan Omega-3 dapat mengurangi trigliserida yaitu salah satu jenis lemak yang dapat ditemukan dalam darah dan sel-sel lemak.

6. Kacang Polong

Kacang polong dikenal kaya akan serat dan mudah larut. Makanan ini juga membutuhkan waktu untuk dicerna tubuh, yang artinya Anda akan merasa kenyang lebih lama setelah makan. Sehingga makanan ini disarankan dikonsumsi oleh mereka yang menurunkan berat badan. Termasuk, menetralisir kolesterol yang dapat mengancam kesehatan.

7. Minyak Kelapa

Minyak kelapa tinggi lemak jenuh. Lemak ini memiliki efek yang berbeda pada tubuh dibandingkan dengan kebanyakan jenis lemak makanan lainnya. Asam lemak dalam minyak kelapa dapat mendorong tubuh untuk membakar lemak, dan memberikan energi cepat ke tubuh dan otak. Selain itu juga meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

8. Garam Hitam

Garam hitam juga membantu menyerap lebih banyak nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Kaya akan antioksidan, garam jenis ini juga mengontrol tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dan mencegah pembekuan darah di dalam pembuluh.

9. Air Lemon

Air lemon juga dipercaya bisa membantu menjaga tingkat pH saluran pencernaan. Hal ini membantu mengurangi masalah keasaman, penyakit kulit, osteoporosis, dan radang sendi. Khususnya menurunkan kolesterol yang menumpuk di tubuh, terlebih setelah mengonsumsi makan-makanan berlemak.

10. Daun Ruku-ruku

Holy basil atau dikenal juga sebagai daun ruku-ruku telah digunakan selama ribuan tahun lamanya untuk pengobatan tradisional. Daun ini juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah kolesterol.

Serta mampu mengoptimalkan respon sistem imun, menyeimbangkan produksi antibodi, hingga mengaktifkan mekanisme pertahanan alami atau yang biasa disebut imunitas bawaan.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews dengan judul "10 Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol dengan Cepat, Lemak Jahat Langsung Hilang"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut