get app
inews
Aa Read Next : PON XXI Aceh-Sumut, 2 Atlet Petanque asal Ciamis Persembahkan Medali Emas untuk Kontingen Jabar

8 Kuliner Khas Ciamis Legendaris yang Menggugah Selera, Wajib Dicoba!

Senin, 13 Mei 2024 | 15:08 WIB
header img
Kuliner khas Ciamis legendaris yang menggugah selera. Foto: Instagram/@kulinerlimitededition

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Kabupaten Ciamis merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki kuliner khas legendaris yang menggiurkan untuk dicicipi. Dari berbagai jenis makanan tradisional hingga makanan modern, Ciamis menawarkan beragam pilihan kuliner yang lezat dan unik.

Kabupaten Ciamis memiliki potensi pariwisata yang sangat menarik dengan beragam destinasi wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Salah satu daya tarik utamanya adalah keindahan alamnya yang masih alami, mulai dari pegunungan hingga waduk.

Selain keindahan alam dan beragam destinasi wisatanya, kuliner khas Ciamis juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tentu saja masakan khas Ciamis ini, memiliki cita rasa yang berbeda dengan masakan daerah lain di Indonesia.

Lantas, apa saja kuliner khas Ciamis legendaris yang menggugah selera? Simak artikel berikut ini.

Kuliner Khas Ciamis Legendaris

1. Mi Golosor


Mi Golosor. Foto: Cookpad
 

Kuliner mi tentu saja banyak ditemui di mana saja di seluruh wilayah Tanah Air. Namun, berbeda dengan mi golosor ini.  

Dilihat dari namanya golosor artinya licin. Jadi mi golosor memiliki tekstur yang licin dan berukuran lebih besar dari mi pada umumnya, sehingga mudah diseruput.

Makanan khas Ciamis yang juga merupakan makanan khas Sunda ini terbuat dari tepung kanji sehingga teksturnya kenyal.

Biasanya dihidangkan berkuah dengan topping di atasnya berupa daging, baik sapi maupun ayam dan ditambah kerupuk akan lebih meriah lagi saat memakannya.

Mi golosor tidak hanya disajikan berkuah saja, namun juga disajikan dalam bentuk mi golosor goreng dan mi golosor bakso. Keduanya memiliki rasa khas masing-masing yang tentunya akan mengenyangkan kamu dan bakal bikin kamu kangen kuliner ini.

Per porsi mi golosor dapat Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya Rp15.000 hingga Rp30.000.

2. Galendo


Galendo. Foto: Shopee
 

Makanan ini cukup terkenal dikalangan masyarakat Ciamis. Galendo merupakan makanan khas dari daerah Ciamis yang terbuat dari santan kelapa yang direbus hingga menjadi minyak dan kemudian menghasilkan endapan.

Endapan ini biasanya disebut Galendo atau blotong. Baru kemudian galendo yang sudah dipres ini dikeringkan. Dalam perkembangannya galendo ini memiliki banyak varian rasa yang dikemas sebagai mana oleh-oleh dari daerah lain.

Galendo ini dapat Anda temukan di hampir semua toko oleh-oleh khas Ciamis sebagai makanan khas Ciamis. Galendo dibanderol dengan kisaran harga Rp100.000 per kilogramnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut