get app
inews
Aa Read Next : Rumah Aki Darman di Banjarsari Ciamis Ambruk

Inovasi Ibu-Ibu Poklahkan Ciamis, Hasilkan Produk Olahan Ikan Kekinian

Rabu, 03 April 2024 | 09:22 WIB
header img
Inovasi ibu-ibu Poklahkan Ciamis, hasilkan produk olahan ikan kekinian. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok pengolah ikan (Poklahkan) di Desa Bangunharja, Cisaga, Ciamis seperti tiada henti berinovasi.

Melahirkan produk-produk olahan ikan yang bernuansa kekinian. Sebut saja, abon ikan nila yang sudah makin dikenal.

Atau kerupuk kriuk-kriuk yang berbahan baku tulang ikan nila. Dari proses pembuatan abon ikan nila, tulang-tulangnya tidak dibuang.

Daging nya dibuat abon ikan nila. Sementara tulang-tulangnya tidak dibuang. Di tangan kreatif Jeng Neni (39) salah seorang ibu-ibu anggota Poklahkan dari Desa Bangunharja tersebut tulang-tulang ikan nila diolah, dibuat jadi kerupuk dengan tampilan yang menarik. Kemudian dikemas dengan modis dan namanya pun mengundang selera, kerupuk tulang ikan nila “Kriuk-kriuk”.

Disela tugasnya sebagai ibu rumah tangga, Jeng Neni telah membuahkan kreasi baru jengkol olahan yang menarik dan menggugah selera. Berupa jengkol krispi, dengan merek dagang “Jeng Kris” varian baru bagi para penggemar jengkol.

Sukri atau akronim dari suuk dan teri merupakan menu rumahan yang tidak asing lagi, sudah menjadi hidangan klasik  di meja makan rumah-rumah di Tatar Pasundan ini.

Namun ditangan Jeng Neni, yang juga penggemar jengkol tersebut, perpaduan suuk dan ikan teri pun dikolaborasi dengan jengkol. Sehingga lahirlah menu kreatif berupa Jeng Rika – yang berarti perpaduan olahan dari jengkol-ikan teri dan kacang (suuk).

“Ingat di situ tetap ada olahan ikannya. Yakni ikan teri,” ujar Jeng Neni kepada iNewsCiamisRaya.id yang tengah memperkenalkan produk olahannya di arena Bazar Ramadhan Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis, Selasa (2/4/2024).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut