get app
inews
Aa Read Next : Ular Kobra Nyaris Masuk Rumah, Warga Ciamis Minta Tolong Damkar

Kuliah Umum Prof Dr H Haedar Nashir MSi di STIKes Mucis: Mahasiswa Harus Cerdas dan Religius

Sabtu, 24 Februari 2024 | 17:42 WIB
header img
Kuliah Umum Prof Dr H Haedar Nashir MSi di STIKes Muhammadiyah Ciamis: Mahasiswa Harus Cerdas dan Religius. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir Msi, Sabtu (24/02/2024) hadir di Kampus STIKes Muhammadiyah Ciamis Jl KH A Dahlan No 20 Ciamis.

Menyampaikan kuliah umum dengan judul “Integrasi Profesional Berkarakter Al-Islam Kemuhammadiyahan menuju kampus berkemajuan”.

Kuliah umum yang berlangsung di Auditorium KH Ahmad Dahlan  Kampus STIKes Muhammadiyah Ciamis tersebut dihadiri sekitar 1.500 orang civitas akademika STIKes Muhammadiyah Ciamis terutama mahasiswa/mahasiswi. Juga hadir pada kesempatan tersebut pengurus PDM Ciamis, ibu-ibu Aisyiyah. Berikut Wabup Ciamis H Yana D Putra juga hadir.

Prof Haedar dalam kuliah umumnya mengingatkan mahasiswa untuk selalu seimbang antara kegiatan kuliah dengan kegiatan religius (ke masjid).

“Harus seimbang. Jangan sampai terlalu di masjid lupa kuliah. Atau sebaliknya terlalu asyik kuliah jadi jarang ke masjid. Harus seimbang antara kecerdasan dan religius,” ingat Prof Haedar.

Bila tidak seimbang, akan mendorong orang merasa paling religius, merasa paling baik, jujur dan paling punya integritas. Sehingga menjadi sombong, merasa paling suci sendiri. Akhirnya menyalah-nyalahkan orang lain, kurang bisa menjaga lisan.

Demikian pula dengan yang merasa paling cerdas. Merasa paling pintar, termasuk pintar berdebat. Sehingga terdorong menyalahkan-menyalahkan orang lain dan tidak bijaksana.

Mengasah ilmu  itu menurut Prof H Haedar adalah hal yang penting untuk meningkatkan kecerdasan. Tapi harus diimbangi dengan religiusitas. Kecerdasan tidak hanya digunakan untuk diri sendiri, tetapi juga untuk mencerdaskan anak bangsa.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut