get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Senin 20 Mei 2024

Kuliah Umum Prof Dr H Haedar Nashir MSi di STIKes Mucis: Mahasiswa Harus Cerdas dan Religius

Sabtu, 24 Februari 2024 | 17:42 WIB
header img
Kuliah Umum Prof Dr H Haedar Nashir MSi di STIKes Muhammadiyah Ciamis: Mahasiswa Harus Cerdas dan Religius. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir Msi, Sabtu (24/02/2024) hadir di Kampus STIKes Muhammadiyah Ciamis Jl KH A Dahlan No 20 Ciamis.

Menyampaikan kuliah umum dengan judul “Integrasi Profesional Berkarakter Al-Islam Kemuhammadiyahan menuju kampus berkemajuan”.

Kuliah umum yang berlangsung di Auditorium KH Ahmad Dahlan  Kampus STIKes Muhammadiyah Ciamis tersebut dihadiri sekitar 1.500 orang civitas akademika STIKes Muhammadiyah Ciamis terutama mahasiswa/mahasiswi. Juga hadir pada kesempatan tersebut pengurus PDM Ciamis, ibu-ibu Aisyiyah. Berikut Wabup Ciamis H Yana D Putra juga hadir.

Prof Haedar dalam kuliah umumnya mengingatkan mahasiswa untuk selalu seimbang antara kegiatan kuliah dengan kegiatan religius (ke masjid).

“Harus seimbang. Jangan sampai terlalu di masjid lupa kuliah. Atau sebaliknya terlalu asyik kuliah jadi jarang ke masjid. Harus seimbang antara kecerdasan dan religius,” ingat Prof Haedar.

Bila tidak seimbang, akan mendorong orang merasa paling religius, merasa paling baik, jujur dan paling punya integritas. Sehingga menjadi sombong, merasa paling suci sendiri. Akhirnya menyalah-nyalahkan orang lain, kurang bisa menjaga lisan.

Demikian pula dengan yang merasa paling cerdas. Merasa paling pintar, termasuk pintar berdebat. Sehingga terdorong menyalahkan-menyalahkan orang lain dan tidak bijaksana.

Mengasah ilmu  itu menurut Prof H Haedar adalah hal yang penting untuk meningkatkan kecerdasan. Tapi harus diimbangi dengan religiusitas. Kecerdasan tidak hanya digunakan untuk diri sendiri, tetapi juga untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Saat ini sebagian besar bangsa ini belum cerdas dalam berpolitik. Sehingga mudah diiming-imingi dengan beras, mie maupun susu. Hal tersebut mungkin terjadi karena kondisi ekonomi masyarakat belum baik, sehingga mudah diiming-imingi,” katanya.


 

Mencerdaskan itu adalah suatu yang baik. Tapi itu saja tidak cukup. Harus maju dan berkemajuan. Dan juga harus mandiri secara ekonomi.

Dan mandiri secara ekonomi tersebut menurut Prof Haedar adalah bagian dari semangat ke-muhammadiyahan.

Salah satu contoh katanya di Malang,  tersedia lahan seluas 200 hektar yang dibangun rumah sakit, 3 kampus, mall,  hotel berbintang, pusat permainan anak-anak yang dibangun dengan kemandirian tanpa minta bantuan.

Dalam kunjungan kerjanya ke STIKes Muhammadiyah Ciamis, Sabtu (24/02/2024) Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof DR H Haedar Nashir juga berkesempatan meresmikan renovasi bagian depan Kampus STIKes Muhammadiyah yang berlokasi di Jl KH Ahmad Dahlan No 20 Ciamis tersebut.

Juga berkesempatan melihat lahan yang sudah dipersiapkan untuk lokasi pembangunan klinik serta MucisMart juga di Jl KH A Dahlan samping Kampus  STIKes Muhammadiyah Ciamis.

Sementara itu Wabup Ciamis H Yana D Putra dalam sambutannya mengakui bahwa keberadaan STIKes Muhammadiyah Ciamis telah menjadi salah satu pilar utama dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Ciamis.

“Keberadan STIKes Muhammadiyah Ciamis ini tidak hanya memberikan dampak positif di bidang kesehatan dan pendidikan. Tetapi juga turut berkontribusi dalam meningkatkan IPM di Kabupaten Ciamis,” ujar Wabup Yana D Putra.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut