get app
inews
Aa Read Next : Maarten Paes Akan Perkuat Timnas Indonesia, Jadi Kiper Termahal Nomor 3 di Asia

Sering Lolos Piala Dunia, Ini 7 Negara yang Hobi Pakai Pemain Naturalisasi

Rabu, 29 November 2023 | 15:53 WIB
header img
Timnas Italia dan Timnas Spanyol, negara yang memiliki beberapa pemain naturalisasi. Foto: Reuters/Alessandro Garofalo

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Ada tujuh negara yang hobi memanfaatkan pemain naturalisasi untuk memperkuat tim nasional mereka. Hal ini tidak dilarang dalam aturan sepakbola internasional. Beberapa negara bahkan telah sukses dengan strategi ini dan secara rutin lolos ke Piala Dunia.

Permasalahan tentang naturalisasi memang menjadi topik penting dalam diskusi sepakbola di Indonesia belakangan ini. Banyak yang berpendapat bahwa mengubah kewarganegaraan seorang pemain adalah jalan pintas untuk meraih prestasi, sementara yang lain melihatnya sebagai cara untuk memperkuat tim nasional.

Lantas, negara mana saja yang hobi memakai pemain naturalisasi? Simak ulasan berikut ini.

Negara yang Hobi Pakai Pemain Naturalisasi

1. Jerman

Jerman memanfaatkan pemain naturalisasi untuk memperkuat tim nasional mereka. Contohnya adalah Lukas Podolski dan Miroslav Klose. Namun, mereka lebih tepat disebut sebagai pemain keturunan.

Lukas Podolski dan Miroslav Klose lahir dan dibesarkan di Polandia serta memiliki orang tua dari negara yang sama. Namun, karena Jerman mengakui sistem ganda kewarganegaraan, maka keduanya memiliki hak untuk memperkuat Der Panzer.

2. Spanyol

Spanyol, sejauh ini tercatat sudah menggunakan empat pemain naturalisasi dalam skuad tim nasional mereka. Diawali dari Marcos Senna pada 2008. Di skuad La Furia Roja saat ini saja, sudah ada nama Robin Le Normand dan Aymeric Laporte.

Robin Le Normand dan Aymeric Laporte memiliki latar belakang Prancis namun keduanya memilih untuk dinaturalisasi menjadi warga negara Spanyol. Diego Costa juga merupakan salah satu dari pemain naturalisasi yang telah memperkuat tim nasional Spanyol.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut