get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Daya Ingat, Inilah 10 Minuman yang Membuat Otak Lebih Cerdas

Selain Diabetes, Ini Dampak Duduk Terlalu Lama saat Bekerja Bagi Kesehatan

Rabu, 25 Oktober 2023 | 11:07 WIB
header img
Dampak duduk terlalu lama saat bekerja bagi kesehatan. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id Duduk terlalu lama dalam pekerjaan kantor dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan tubuh. Salah satunya resiko terkena diabetes.

Untuk mengurangi dampak negatif ini, penting untuk sering berdiri, berjalan-jalan sebentar, dan melakukan peregangan selama waktu kerja. Selain itu, penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur di luar jam kerja agar tak menimbulkan penyakit.

Lantas, apa saja dampak negatif duduk terlalu lama saat bekerja bagi kesehatan? Berikut rangkumannya yang dikutip dari Healthline.

Dampak Duduk Terlalu Lama saat Bekerja

1. Resiko Diabetes

Orang yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk memiliki peningkatan risiko diabetes. Duduk terlalu lama, terutama tanpa adanya aktivitas fisik yang cukup, dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 112 persen dibandingkan dengan mereka yang lebih aktif secara fisik.

Istirahat di tempat tidur yang berkepanjangan dapat menyebabkan peningkatan resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko untuk diabetes. Dalam sebuah penelitian, para peserta diminta untuk beristirahat di tempat tidur selama lima hari tanpa melakukan aktivitas fisik yang signifikan.

Hasil penelitian menunjukkan para peserta mengalami peningkatan resistensi insulin. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan meningkatkan risiko diabetes.

2. Penyakit Jantung

Penelitian menunjukkan, duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Studi ini menemukan bahwa pria yang menghabiskan lebih dari 23 jam per minggu menonton televisi memiliki risiko 64 persen lebih tinggi untuk meninggal akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan pria yang hanya menonton televisi selama 11 jam.

Para ahli mengungkapkan orang yang lebih banyak duduk memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung atau stroke. Risiko tersebut dapat meningkat hingga 147 persen dibandingkan dengan mereka yang lebih aktif secara fisik.

3. Kecemasan dan Depresi

Duduk terlalu lama Tidak hanya berpengaruh pada aktivitas fisik tetapi juga dapat berpengaruh pada kesehatan mental. Risiko depresi dan kecemasan lebih tinggi pada orang yang menghabiskan banyak waktu dalam posisi duduk.

Kurangnya aktivitas fisik yang disebabkan oleh duduk terlalu lama dapat berkontribusi pada risiko depresi dan kecemasan. Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan olahraga secara teratur.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut