get app
inews
Aa Read Next : Jalan Menuju Objek Wisata Darmacaang Ciamis Putus Tertutup Longsor

Fakta-Fakta Pecahnya Jembatan Kaca The Geong Limpakuwus Banyumas, 1 Wisatawan Meninggal Dunia

Kamis, 26 Oktober 2023 | 11:18 WIB
header img
Jembatan kaca The Geong di kawasan wisata hutan pinus Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, pecah, satu wisatawan meninggal dunia. Foto: iNews.id

BANYUMAS, iNewsCiamisRaya.id – Inilah fakta-fakta peristiwa pecahnya jembatan kaca The Geong di kawasan wisata hutan pinus Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas pada Rabu (25/10/2023). Dalam insiden tersebut, seorang wisatawan meninggal dunia dan satu lainnya mengalami luka-luka.

Berikut fakta-fakta pecahnya jembatan kaca The Geong di wisata hutan pinus Limpakuwus Banyumas yang menewaskan satu wisatawan.

Fakta-Fakta Pecahnya Jembatan Kaca The Geong Limpakuwus Banyumas

1. Jembatan Kaca The Geong Resmi Beroperasi saat Lebaran 2023

Wahana jembatan kaca "The Geong" masuk ke kawasan wisata Hutan Pinus Limpakuwus (HPL) sejak satu tahun yang lalu, namun baru beroperasi resmi pada momentum Lebaran 2023 setelah pembangunannya dilakukan secara bertahap. Setelah Lebaran, pihak pengelola melakukan evaluasi terkait pengelolaan, termasuk manajemen media sosial dan manajemen risiko.

2. Berada di Lahan Milik Kementerian Pertanian

Menurut Ketua Koperasi Hutan Pinus Limpakuwus, Eko Purnomo, wahana jembatan kaca "The Geong" berada di lahan milik Kementerian Pertanian yang dikelola oleh Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTUHPT) Baturraden bukan di lahan milik Perum Perhutani yang saat ini dimanfaatkan untuk kawasan wisata Hutan Pinus Limpakuwus. Pengelola "The Geong" bekerja sama dengan Kokarnaba, yang merupakan koperasi milik BBPTUHPT.

3. Sebelas Orang Wisatawan Berada di Atas Jembatan

Menurut Kapolresta Banyumas Kombes Pol. Edy Suranta Sitepu, terjadi kecelakaan di wahana jembatan kaca di mana sebelas orang wisatawan berada di atas jembatan. Pada pukul 10.00 WIB, salah satu orang jatuh dari wahana jembatan kaca tersebut. Rombongan wisatawan tersebut terdiri dari sebelas orang yang berasal dari Cilacap. Selain itu, empat orang dari rombongan wisatawan tersebut terjatuh karena ada lembaran kaca yang pecah saat mereka menginjaknya.

4. Dua Orang Terjatuh, 2 Bergelantungan di Rangka Jembatan

Saat beberapa wisatawan berada di salah satu titik jembatan kaca yang berada pada ketinggian 10 meter, tiba-tiba kaca yang mereka injak pecah. Akibat insiden tersebut, empat orang wisatawan terperosok, dua di antaranya terjatuh ke tanah, sedangkan dua orang lainnya bergelantungan pada rangka jembatan. Dua orang wisatawan yang jatuh adalah perempuan, yakni berinisial AI (41) mengalami luka-luka dan FA (49) dinyatakan meninggal dunia oleh tim dokter.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut