get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Daya Ingat, Inilah 10 Minuman yang Membuat Otak Lebih Cerdas

Selain Diabetes, Ini Dampak Duduk Terlalu Lama saat Bekerja Bagi Kesehatan

Rabu, 25 Oktober 2023 | 11:07 WIB
header img
Dampak duduk terlalu lama saat bekerja bagi kesehatan. Foto: Freepik

4. Pertambahan Berat Badan

Ketika kita bergerak, terutama melalui aktivitas fisik yang teratur, otot-otot kita melepaskan molekul-molekul seperti lipoprotein lipase. Lipoprotein lipase berperan dalam memproses lemak dan gula yang kita konsumsi, membantu mengatur metabolisme dan menjaga keseimbangan energi dalam tubuh. Ketika kita duduk terlalu lama, pelepasan molekul-molekul ini dapat berkurang. Hal ini dapat menyebabkan bokong berisiko lebih besar melebar.

Selanjutnya, duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko sindrom metabolik, meskipun seseorang rajin berolahraga. Penelitian telah menunjukkan seorang pria yang menghabiskan duduk terlalu lama dari biasanya dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan atau penimbunan lemak di bagian tengah tubuh yang merupakan tempat paling berbahaya untuk menyimpan lemak.

5. Risiko Kanker

Penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara duduk terlalu lama dan peningkatan risiko beberapa jenis kanker tertentu, seperti kanker paru-paru, rahim, dan usus besar. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memahami hubungan ini secara lebih mendalam.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut