get app
inews
Aa Read Next : Polisi Gerebek Gudang Penyimpanan Minuman Keras di Kota Banjar, Puluhan Botol Miras Disita

Aksi-Aksi Heroik TNI yang Mendunia, Hadapi Perompak hingga Teroris

Kamis, 05 Oktober 2023 | 09:14 WIB
header img
Aksi Heroik TNI yang mendunia. Foto: Sindonews/Istimewa

3. Operasi Woyla

Pada tanggal 28 Maret 1981, Pasukan Khusus TNI AD, Kopassus, melakukan aksi heroik dan menegangkan dalam peristiwa pembajakan pesawat Garuda Indonesia dengan rute penerbangan Jakarta-Medan yang sedang transit di Palembang.

Pesawat dibajak oleh lima orang teroris saat lepas landas dari Palembang. Teroris yang menyebut diri mereka sebagai Komando Jihad ini meminta kapten pilot untuk terbang ke Sri Lanka. Namun, pesawat melakukan pendaratan darurat di bandara Malaysia untuk mengisi bahan bakar yang tidak mencukupi. Setelah mengisi bahan bakar, pesawat melanjutkan perjalanan dan mendarat di bandara Thailand.

Teroris membacakan sejumlah tuntutan usai tiba di bandara Thailand. Peristiwa pembajakan pesawat berlangsung selama 4 hari dan berakhir dengan pembebasan oleh Kopassus dibawah pimpinan Letkol Inf Sintong Pandjaitan.

Dalam aksi pembebasan tersebut, pasukan Kopassus yang dipimpin oleh Letkol Inf Sintong Pandjaitan berhasil melancarkan operasi dengan cepat dan efektif. Dalam waktu sekitar 3 menit, mereka berhasil mengatasi para pembajak dan membebaskan penumpang serta awak pesawat dengan selamat.

Aksi pembebasan ini mendapat pengakuan dunia karena menunjukkan keberanian, keahlian, dan profesionalisme pasukan Kopassus dalam menghadapi situasi yang sangat berbahaya dan menegangkan. Selamat Hari Ulang Tahun ke-78 TNI!

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut