get app
inews
Aa Read Next : 85 Rumah Warga di 4 Desa di Ciamis Terdampak Pergeseran Tanah

Pemkab Ciamis Pastikan Kesiapan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah

Jum'at, 14 April 2023 | 18:40 WIB
header img
Pemkab Ciamis Pastikan Kesiapan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis beserta pihak terkait, pastikan kesiapan dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Memasuki H-7 lebaran ini, diprediksi akan banyak masyarakat yang akan melaksanakan mudik. Hal tersebut tentu menjadi perhatian Pemkab Ciamis dalam kesiapannya, mengingat Kabupaten Ciamis merupakan jalur perlintasan darat bagi para pemudik, khususnya di Jawa Barat.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, pihaknya telah memastikan kesiapan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah melalui rapat koordinasi (rakor) dengan berbagai unsur pemerintahan, TNI/Polri.

"Melalui rakor kemarin, kami telah memastikan dan mempersiapkan petugas keamanan di lapangan bekerjasama dengan pemerintahan, TNI/Polri, termasuk rekayasa lalu lintas," kata Herdiat, Jumat (14/4/2023).

Menurutnya, Hari Raya Idul Fitri merupakan hari paling dinanti oleh masyarakat, sehingga kesiapan Pemkab Ciamis serta TNI/Polri bagaimana memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat sekitar maupun pemudik yang melintas.

"Kita (Kabupaten Ciamis) juga sebagai jalur lintasan, karena tidak ada pelabuhan udara maupun laut, jadi yang harus diantisipasi adalah pemudik yang melalui jalur darat baik jalan raya maupun kereta api, sehingga bagaimana dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat," ujarnya.

Herdiat menuturkan, selain memerintahkan rekayasa arus lalu lintas kepada dinas terkait, pihaknya juga telah memerintahkan untuk mempersiapkan petugas keamanan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan TNI/Polri di lapangan serta sarana prasarana lainnya.

"Pengaman sendiri direncanakan akan dilaksanakan sebelum dan sesudah hari raya Idul Fitri yakni dari tanggal 16 sampai dengan 30 April 2023. Selain itu, di bidang kesehatan juga telah memerintahkan untuk menyiapkan posko-posko kesehatan serta personil tenaga kesehatan yang dapat bersiaga 1x24 jam setiap harinya," tuturnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut