get app
inews
Aa Read Next : Lakukan 5 Amalan Ini, Bisa Membuat Rumah Menjadi Surga Dunia

Inilah 8 Nama dan Tingkatan Surga yang Disebutkan dalam Al-Qur'an

Jum'at, 22 September 2023 | 12:35 WIB
header img
Surga ( Al-Jannah ) memiliki nama dan tingkatan yang berbeda. Foto: Ilustrasi/Ist

4. Surga Ma'wa

Allah Ta'ala berfirman dalam Surah As-Sajdah Ayat 19 yang artinya "Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh maka bagi mereka mendapat surga-surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka kerjakan". Di Ayat lain Allah berfirman: "Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal (nya)." (An-Nazi'at: Ayat 40-41)

5. Surga Darussalam

Mengenai Surga Darussalam ini dijelaskan dalam Surah Yunus Ayat 25 yang artinya: "Dan Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (yakni surga), dan memimpin orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus". Kemudian Allah Ta'ala berfirman, "Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dia-lah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan." (Al-An'am: Ayat 127)

6. Surga Daarul Muqomah

Mengenai surga ini, Allah Ta'ala berfirman: "Dan mereka berkata: 'Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu." (Fathir: Ayat 34-35)

7. Surga Al-Maqomul Amiin

Ini sesuai penegasan Allah Ta'ala di dalam Al-Qur'an: "Sesungguhnya orang-orang yang bertakqwa berada dalam tempat yang aman." (Ad-Dukhan: Ayat 51)

8. Surga Khuldi

Di dalam Al-Qur'an, Allah berfirman: "Katakanlah: Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka." (Al-Furqan: Ayat 15)

Wallahu A'lam

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews dengan judul "8 Nama dan Tingkatan Surga yang Dijelaskan Al-Qur'an"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut