get app
inews
Aa Read Next : Hati-Hati, 7 Makanan dan Minuman Ini Ternyata Mengandung Tinggi Gula

Deretan Hidangan Khas Lebaran yang Bikin Kolesterol Naik, Hati-Hati!

Minggu, 23 April 2023 | 15:00 WIB
header img
Hidangan Khas Lebaran yang Bikin Kolesterol Naik, Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Pada hari raya Idul Fitri, tentu banyak ragam makanan dihidangkan. Setiap daerah memiliki makanan khas lebaran dengan menu spesial tersendiri. Di balik kenikmatannya, jika dikonsumsi berlebihan menyimpan sumber penyakit apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Diantara menu khas Idul Fitri yang paling populer dikalangan masyarakat adalah rendang, opor ayam, Coto Makassar, dan lain sebagainya.

Lantas, makanan khas lebaran apa yang dapat memicu kolesterol tinggi? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Hidangan Khas Lebaran yang Bikin Kolesterol Naik

1. Opor Ayam

Salah satu makanan khas Idul Fitri sangat dekat dengan masyarakat Indonesia berbagai kalangan. Tersaji dengan warna kuning atau putih, Opor ayam memiliki rasa gurih dari santan.

Ditambah lagi keempukan daging ayam mampu menggetarkan perut kala lebaran. Belum lagi, ada topping tambahan sering digunakan yaitu telur hingga ati ampela atau lainnya.

Perlu diketahui, kandungan kolesterol dalam telur mendapat reputasi buruk. Satu telur mengandung sekitar 60 persen dari nilai kolesterol harian, tetapi hanya mengandung 8 persen dari tunjangan lemak jenuh kita, maka pertahankan putih telur, yang mengandung banyak protein tanpa kolesterol.

"Tapi banyak makanan tinggi kolesterol juga mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi," kata ahli diet, Julia Zumpano, RD, LD dilansir Cleveland.

2. Kue Kering

Siapa yang tak kenal kue kering Idul Fitri terlintas dipikiran oleh kita yaitu nastar, kue salju,dll, yal menjadi cemilan primadona di Indonesia kala lebaran. Namun, kue kering ini mengandung susu, telur dan keju.

Perlu diketahui, di dalam satu potong kue kering terdapat 75 kalori. Kendatinya, kita tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan, terutama bagi penderita kolesterol dan sebagian besar produsen kue, juga menambahkan gula untuk rasa lebih manis dapat membuat kadar trigliserida darah menjadi tinggi.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut