get app
inews
Aa Read Next : Madain Saleh Peninggalan Kaum Tsamud, Kota Terkutuk di Arab Saudi yang Disebut dalam Al Quran

Deretan Negara Tanpa Sungai di Dunia, Ini Penyebabnya

Kamis, 13 April 2023 | 09:04 WIB
header img
Negara Tanpa Sungai di Dunia. Foto: Ilustrasi Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Di dunia ada 18 negara tanpa sungai dan itu belum termasuk 14 teritori lainnya. Adapun ciri-ciri negara tanpa sungai, adalah negara yang terletak di gurun pasir, negara kepulauan, negara kepulauan kluster, dan negara dalam negara.

Ciri-Ciri Negara Tanpa sungai

1. Negara yang terletak di kawasan gurun pasir

Negara yang terletak di kawasan gurun pasir banyak yang tidak memiliki sungai karena beriklim arid dan semi-arid yang memiliki curah hujan sedikit, bahkan tidak hujan sama sekali sepanjang tahun. Meskipun tidak punya sungai, negara di gurun pasir ditemukan wadi atau dasar sungai yang kering secara permanen.

2. Negara kepulauan

Negara kepulauan yang dikelilingi lautan wilayahnya kecil dan datar sehingga tidak bisa membentuk sungai. Walaupun curah hujan cukup tinggi, di negara-negara kepulauan tidak memungkinkan sungai untuk mengalir.

3. Negara kepulauan kluster

Negara kepulauan kluster biasanya bukan pulau-pulau yang membentuk negara-negara, tapi gugusan atol (pulau karang) yang kecil dan tersebar di cakupan wilayah yang luas. Atol-atol ini tentu saja tidak memungkinkan dialiri sungai secara permanen karena wilayahnya yang sangat kecil.

4. Negara dalam negara

Negara dalam negara memiliki wilayah yang sangat kecil, sehingga tidak ada sungai. Di dunia hanya ada 2 negara dalam negara tanpa sungai, yaitu Vatikan di Italia dan Monako di wilayah Prancis.

Lantas, mana saja negara tanpa sungai? Berikut ini daftar negara-negara tanpa sungai di dunia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut