get app
inews
Aa Read Next : 7 Rekomendasi Tempat Bakso di Kota Banjar, Cocok Dinikmati saat Libur Lebaran

Inilah Negara Punya Tradisi Mudik Lebaran Selain Indonesia, Rela Berjubel di Atap dan Lokomotif KA

Sabtu, 22 April 2023 | 14:31 WIB
header img
Warga Bangladesh rela berdesakan di kereta api agar bisa berlebaran di kampung halaman. Foto: AP

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Selain di Indonesia, inilah deretan negara yang punya tradisi mudik lebaran, menarik untuk disimak. Tradisi mudik ke kampung halaman ini biasa dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di Indonesia sendiri istilah mudik populer pada 1970-an.

Merayakan Hari Raya Idul Fitri identik dengan berkumpul bersama-sama keluarga. Apapun akan ditempuh agar bisa melakukan perjalanan pulang kampung, termasuk berdesakan di kendaraan umum atau bermacet-macetan.

Ternyata bukan hanya dilakukan Indonesia saja, ada beberapa negara yang mempunyai tradisi mudik. Lantas, negara mana saja yang punya tradisi mudik lebaran? Simak daftar berikut ini.

Negara Punya Tradisi Mudik Lebaran

1. China

Di China, komunitas Muslim kebanyakan tinggal di Xinjiang serta Yunnan. Karenanya, dua wilayah ini merayakan Lebaran dengan cukup meriah. Muslim di China juga melakukan tradisi mudik, hanya saja tidak sebesar dengan pelaksanaan mudik di Indonesia.

Di China, tradisi mudik yang sangat masif akan sangat terasa menjelang Imlek. Beragam moda transportasi dipadati ketika musim mudik Imlek.

2. Malaysia

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Malaysia juga melakukan mudik. Malaysia menyebut mudik dengan balik kampung. Hal ini mengacu pada hiruk pikuk perjalanan menuju kampung, yang biasanya dilakukan sepekan sebelum 1 Syawal.

Di Malaysia, tradisi mudik berlangsung dua kali, yaitu saat Hari Raya Idul Fitri dan Tahun Baru Imlek.

3. India

Meski Muslim di India tergolong minoritas, perayaan Idul Fitri di negara Asia Selatan itu cukup meriah, termasuk tradisi mudiknya. Muslim di India juga akan kembali ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga besar.

Tak hanya Muslim, warga non-Muslim juga memiliki tradisi mudik yang biasanya dilakukan pada Oktober atau November. Warga non-Muslim ini mudik untuk merayakan Festival of Light atau Diwali.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut