get app
inews
Aa Read Next : Selain Rasanya Lezat, Ini 4 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

5 Daun yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi, Mudah Ditemukan di Sekitar Rumah

Minggu, 19 Februari 2023 | 15:55 WIB
header img
Daun yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi dan mudah ditemukan disekitar rumah. Foto: Getty Images

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Daun yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi dan mudah ditemukan disekitar rumah, simak yuk! Mengonsumsi daun ini bisa dijadikan salah satu cara alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang melonjak dengan disertai gaya hidup sehat dan minum obat teratur.

Adapun untuk mendapatkan manfaatnya, daun penurun kolesterol tinggi ini bisa Anda gunakan dengan cara direbus dan diminum airnya.

Pada dasarnya kolesterol tinggi ini dapat diwariskan, tetapi seringkali orang yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi dapat terkena akibat pilihan gaya hidup yang tidak sehat.

Ini artinya kolesterol tinggi bisa dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang pengobatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Anda yang sedang berjuang menurunkan kolesterol tinggi bisa mencoba daun ini.

Berikut daun yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi yang ampuh dan mudah ditemukan disekitar rumah seperti dilansir dari Mayo Clinic, Minggu (18/12/2022).

Daun Penurun Kolesterol Tinggi

1. Daun Kemangi


Daun kemangi ampuh menurunkan kolesterol tinggi. Foto: Getty Images
 

Daun kemangi mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Eugenol dalam daun kemangi bisa memblokir saluran kalsium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Minyak esensial dalam kemangi juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida.

2. Daun Pandan


Daun pandan ampuh menurunkan kolesterol tinggi. Foto: Getty Images
 

100 gram daun pandan mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, dan banyak vitamin, seperti vitamin C, B1, B2, dan B3. Daun pandan juga mengandung mineral lainnya, seperti zat besi, fosfor, dan kalsium. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh jurusan Kesehatan Hewan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), ditemukan sifat antikolesterol pada daun pandan.

3. Daun Salam


Daun salam ampuh menurunkan kolesterol tinggi. Foto: Getty Images
 

Daun salam bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Penelitian awal mengenai ini pernah dilakukan dan menunjukkan bahwa minum teh yang terbuat dari daun salam setiap hari selama 10 hari sedikit meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Daun Sirih


Daun sirih ampuh menurunkan kolesterol tinggi. Foto: Ist
 

Daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Efek penurun lipid daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus.

5. Daun Kari


Daun kari ampuh menurunkan kolesterol tinggi. Foto: Getty Images
 

Penelitian menunjukkan bahwa daun kari kaya akan alkaloid dan senyawa fenolik yang merupakan zat pelindung dan berkhasiat bagi kesehatan. Daun kari juga kaya akan antioksidan, berbagai vitamin seperti A, B, C dan E yang membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh dan menekan stres oksidatif. Mengonsumsi daun kari secara teratur bisa mengurangi faktor risiko kolesterol tinggi.

Demikianlah penjelasan mengenai daun yang ampuh turunkan kolesterol tinggi dan mudah ditemukan disekitar rumah. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews dengan judul " 5 Daun Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh, Mudah Ditemukan di Halaman Rumah "

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut