get app
inews
Aa Read Next : Selain Rasanya Lezat, Ini 4 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Hobi Makan Seafood? Ini 4 Obat Alami untuk Turunkan Kolesterol usai Menyantapnya

Rabu, 04 Januari 2023 | 13:47 WIB
header img
Obat Alami untuk Turunkan Kolesterol. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Bagi Anda yang hobi makan seafood, simak 4 obat alami untuk turunkan kolesterol usai menyantapnya. Apalagi pada saat perayaan, terkadang cenderung sulit untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi.  Inginnya semua hidangang disantap, tak terkecuali menu laut atau seafood.

Padahal Anda sudah tahu seafood memiliki kolesterol tinggi. Lalu bagaimana cara mengatasi kondisi kolesterol meningkat usai mengkonsumsi makanan pemicu?

Obat alami bisa menjadi alternatif pilihan untuk mereka penderita kolesterol. Secara umum kolesterol terjadi, karena suka makan sembarangan dan pola hidup yang tidak sehat.

Lantas obat alami apa saja yang bisa menurunkan kolesterol? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Obat Alami untuk Turunkan Kolesterol

1. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai ramuan herbal khas Indonesia ternyata bisa menurunkan kolesterol. Konsumsi kunyit putih dapat menurunkan, kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh.

Oleh karena itu, tanaman ini bisa jadi alternatif obat alami bagi penderita kolesterol dan trigliserida tinggi. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dan stroke pun dapat berkurang.

2. Jahe

Jahe dipercaya sebagai ramuan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penelitian tahun 2018, terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima atau meminum 5 gram jahe setiap hari.

Bisa menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) sebesar 17,4 persen selama periode 3 bulan. Jahe juga efektif melawan virus pernapasan syncytial (RSV), penyebab umum infeksi pernapasan.

3. Daun Sirih

Daun yang dikenal bisa dikonsumsi sebagai jamu atau ramuan herbal, bisa mengobati kolesterol secara alami. Jadi bisa menggunakan daun sirih, dengan merebusnya dalam air sampai mendidih, dengan jumlah daun sirih yang direbus minimal 3-4 lembar.

"Efek penurun lipid dari daun sirih ada eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati, dan mengurangi penyerapan lipid di usus," jelas keterangan dalam website Medline

4. Wortel

Mengonsumsi wortel ternyata mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Menurut para peneliti di Wolfson Gastrointestinal Laboratory di Edinburgh, Skotlandia menemukan bahwa kadar kolesterol seseorang turun rata-rata 11 persen.

Hal sama jika mengonsumsi tujuh ons wortel mentah setiap hari selama tiga minggu. Sementara melansir Hindustan Times, wortel yang mengandung serat laut dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Demikianlah uraian mengenai obat alami untuk turunkan kolesterol setelah menyantap seafood. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul " 4 Obat Alami untuk Turunkan Kolesterol Sehabis Makan Seafood "

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut