get app
inews
Aa Read Next : Mastama STIKes Muhammadiyah Ciamis, Ketua: Proses Adaptasi Mahasiswa Baru dan Pengenalan Kampus

Bupati Ciamis Lepas PKL Mahasiswa STIKes Muhammadiyah, Bangun Kesehatan Masyarakat

Senin, 02 Januari 2023 | 12:13 WIB
header img
Bupati Ciamis Lepas PKL Mahasiswa STIKes Muhammadiyah, Bangun Kesehatan Masyarakat. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melepas 149 peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis. Pelepasan PKL mahasiswa STIKes Muhammadiyah Ciamis bertempat di halaman Pendopo, Kabupaten Ciamis, Senin (2/01/2023).

Peserta PKL tahun akademik 2022-2023 tersebut terdiri dari 3 program studi (prodi). Untuk prodi S1 Keperawatan sebanyak 83 mahasiswa, D3 Kebidanan 23 mahasiswa dan prodi D3 Kesehatan 63 mahasiswa.

Herdiat mengatakan, para mahasiswa yang melaksanakan PKL diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah didapat di kampus kepada masyarakat sesuai dengan prodinya masing-masing.

“Saya berharap saudara semua dapat berbaur membantu masyarakat dan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah," kata Herdiat.

“Mudah-mudahan rekan-rekan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat di sana, karena tenaga maupun pikiran rekan-rekan sangat dibutuhkan baik di bidang kesehatan maupun pembangunan," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis Nurhidayat mengatakan, para mahasiswa akan melaksanakan PKL di Desa Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, sesuai kajian dan analisa dari Dinas Kesehatan (dinkes) dan Kesbangpol Ciamis.

“Program PKL ini kita ada muatan-muatan khusus karena memang kita yang berlandaskan dalam nilai Islam. Kita coba mengintegrasikan, jadi kita ikut serta membangun kesehatan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Islam," kata Nurhidayat.

Ia menyampaikan, para mahasiswa akan melaksanakan PKL selama lebih kurang dua pekan terhitung dari Senin (2/1/2023) hingga Sabtu (14/1/2023. Selama dua pekan itu, para mahasiswa akan mengimplementasikan ilmunya sesuai dengan prodi yang dimiliki serta mengedepankan peran promotif dan preventif.

“Mulai sekarang setelah ini para mahasiswa akan diberangkatkan ke Selacai untuk menindak lanjuti proses pengkajian dari sisi analisis data primer ke rumah-rumah sehingga bagaimana masyarakat bisa hidup sehat," ucapnya.

Nurhidayat berharap para mahasiswa mampu melaksanakan koordinasi dengan pelayanan kesehatan yang ada di masyarakat dan dapat berkolaborasi dengan pihak pemerintah dalam rangka membangun kesehatan masyarakat.

"InsyaAllah, mudah-mudahan ini menjadi ikhtiar kita dan sekaligus kerjasama dengan pihak pemerintah dalam rangka untuk membangun Kesehatan. Kemudian ini juga merupakan bagian dari pengabdian masyarakat dan Al Islam kemudammadiyahan ada didalamnya, sehingga nanti sinergitas perguruan tinggi dengan pemerintah benar-benar terjalin," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut