get app
inews
Aa Read Next : Selain Rasanya Lezat, Ini 4 Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

12 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Harus Diperhatikan, Nomor 5 Bisa Picu Kelumpuhan hingga Kematian

Selasa, 27 Desember 2022 | 18:17 WIB
header img
Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi yang Harus Diperhatikan. Foto: Ist

6. Dada Terasa Nyeri 

Karena penumpukan plak yang terjadi pada pembuluh darah jantung dapat menyebabkan timbulnya rasa nyeri. Kondisi ini dapat menjadi pemicu awal penyakit serangan jantung sebagai komplikasi dari kolesterol tinggi.

7. Kram

Gejala kolesterol tinggi juga bisa berupa kram di beberapa bagian tubuh pada malam hari saat terbangun dari tidur. Kram terjadi pada tumit, telapak kaki, dan lainnya. Rasa nyeri itu akan hilang saat tubuh digerakkan. 

8. Nyeri pada Kaki

Ciri-ciri kolesterol tinggi berikutnya yakni rasa nyeri pada kaki. Hal ini terjadi akibat tersumbatnya aliran darah di arteri sehingga terhambat ke kaki.

9. Impotensi

Penumpukan kolesterol jahat pada pembuluh arah arteri juga dapat berisiko impotensi terhadap pria.

10. Xanthelasma

Xanthelasma adalah gangguan yang terjadi di kelopak mata yang sering terjadi pada penderita kolesterol tinggi. Xanthelasma berbentuk plak kekuningan akibat gumpalan lemak yang terdapat dibawah jaringan kulit.

11. Terlihat Gumpalan pada Urat

Pada sebagian penderita kolesterol karena faktor genetik dapat muncul gumpalan penumpukan kolesterol yang terlihat seperti gumpalan sebesar separuh kacang hijau dapat terlihat dan dirasakan pada urat dan dipermukaan kulit. 

12. Xanthomata 

Xanthoma atau penumpukan kolesterol yang muncul di jaringan kulit dan urat. Pada kondisi dapat ditandai dengan munculnya berupa gumpalan berbentuk bulat dan berwarna kekuningan.

Itulah ciri-ciri kolesterol tinggi yang dapat terjadi ketika kolesterol dalam darah meningkat. Untuk mencegah tingginya kolesterol tinggi dapat dengan mengatur pola makan dan dengan mengikuti gaya hidup yang sehat.

Artikel ini telah tayang di iNews dengan judul " Kenali 12 Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi, Nomor 4 Bisa Picu Kelumpuhan hingga Kematian "

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut