Logo Network
Network

Punya Jantung Seukuran Mobil, Inilah Mamalia Terbesar di Bumi yang Terancam Punah

Wahyu Budi Santoso
.
Selasa, 29 November 2022 | 08:29 WIB
Punya Jantung Seukuran Mobil, Inilah Mamalia Terbesar di Bumi yang Terancam Punah
Mamalia Terbesar di Bumi yang Masih Hidup. Foto: IST

LONDON, iNewsCiamisRaya.id – Bukan gajah ataupun jerapah, ternyata ada mamalia terbesar di bumi yang masih bertahan hidup hingga sekarang ini. Ya, Paus Biru, adalah mamalia terbesar sesungguhnya yang memiliki nama latin Balaenoptera musculus yang hingga saat ini masih bertahan hidup di samudera yang luas.

 Sama seperti lumba-lumba, Paus Biru tergolong sebagai mamalia karena paus tidak bertelur seperti ikan pada umumnya, selain itu hewan ini juga berkembangbiak dengan secara melahirkan.

Meskipun hidup di perairan, layaknya mamalia lainnya, ternyata ikan paus tidak memiliki insang dan hewan ini bernafas dengan menggunakan paru-paru. Faktanya! Satu-satunya mamalia yang bertahan hidup di bawah laut sepanjang hidupnya adalah paus.

Seperti dilansir dari Unilad, Paus Biru bisa tumbuh mencapai panjang 33 meter dan berat hingga 181 ton, berkali-kali lipat dari ukuran Gajah Purba bukan? Bahkan ukuran jantungnya saja sebesar mobil!

Meski sebagai satwa raksasa, ternyata paus justru memakan hewan-hewan mikro yaitu plankton, udang, hingga ikan yang berukuran kecil. Tidak seperti kebanyakan hewan lain dimana jantan berukuran lebih besar dan berbobot berat, Paus Biru betina malah memiliki tubuh lebih berat dibandingkan paus jantan.

Ketika melahirkan, paus betina akan menyusui anaknya. Proses menyusui bisa dilakukan karena induk paus mempunyai otot di sekitar kelenjar susu, sehingga ketika otot tersebut bergerak maka air susu akan keluar ke mulut bayi paus. Air susu paus tidak encer seperti mamalia pada umumnya, namun cenderung berlemak dan kental.

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini