get app
inews
Aa Read Next : Madain Saleh Peninggalan Kaum Tsamud, Kota Terkutuk di Arab Saudi yang Disebut dalam Al Quran

Inilah 6 Negara dengan Gaji TKI Paling Tinggi, Nomor 4 Capai Rp36 Juta per Bulan

Kamis, 03 November 2022 | 05:49 WIB
header img
Finlandia merupakan salah satu negara dengan gaji TKI tertinggi . Foto: dok iNews

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah 6 negara dengan gaji TKI paling tinggi yang menarik untuk disimak. Jika Anda ingin bekerja di luar negeri tentunya besarnya gaji menjadi salah satu faktor yang patut jadi pertimbangan.

Ternyata dari deretan negara dengan gaji TKI tertinggi didominasi oleh negara yang berada di kawasan Asia. Sedangkan untuk negara yang berada di kawasan Eropa dan Timur Tengan hanya ada 2 negara saja.  

Alasan masyarakat Indonesia mengadu nasib dengan menjadi TKI ini disebabkan oleh susahnya mencari pekerjaan di negeri sendiri. Selain itu juga mereka tergiur oleh gaji yang cukup tinggi sebagai TKI, walaupun hanya menjadi Asisten Rumah Tangga (ART) ataupun buruh.

Diantara banyaknya negara yang menjadi tujuan masyarakat Indonesia untuk mengadu nasib, ada beberapa negara yang dikenal menawarkan gaji tertinggi untuk TKI. Berikut 6 negara dengan gaji TKI tertinggi seperti dikutip dari berbagai sumber, Selasa (1/11/2022).

6 Negara dengan Gaji TKI Tertinggi

1. Arab Saudi

Negara dengan gaji TKI tertinggi ada Arab Saudi. Arab Saudi menawarkan gaji rata-rata Rp5,5 juta untuk menjadi Asisten Rumah tangga. Bahkan beberapa diantaranya menawarkan gaji lebih tinggi dari rata-rata. Tidak hanya menjadi ART, beberapa masyarakat Indonesia juga pergi ke Arab Saudi untuk bekerja di Masjidil Haram.

2. Taiwan

Taiwan salah satu negara dengan gaji TKI tertinggi. Gaji TKI di Taiwan mencapai angka Rp10 juta per bulan. Bahkan selain gaji pokok para pekerja juga akan mendapatkan uang lembur. Namun terdapat potongan selama sembilan bulan sebesar Rp2,3 juta untuk tempat tinggal dan makan. 

3. Korea Selatan

Negara dengan gaji TKI tertinggi lainnya ada Korea Selatan. Dengan biaya hidup yang terbilang terjangkau, TKI yang bekerja di Korea Selatan rata-rata mendapatkan gaji sebesar Rp8-10 juta dan belum terhitung lembur. 

4. Finlandia

Negara dengan gaji TKI tertinggi salah satunya Finlandia. Finlandia dikenal sebagai negara tujuan favorit para TKI. Pasalnya selain budaya bekerjanya yang terkenal sangat ramah, para TKI Finlandia mendapat gaji di kisaran Rp29 juta-Rp36 juta per bulan. 

Total gaji tersebut termasuk upah dan tunjangan lainnya seperti perumahan, transportasi, makan, dan lain-lain. Selain itu, gaji yang didapatkan bervariasi tergantung dengan pengalaman kerja serta masa jabatannya. 

5. Singapura 

Singapura salah satu negara dengan gaji TKI tertinggi. Negara ini diketahui memberikan gaji kepada TKI hingga Rp15 juta per bulan bergantung profesinya. Bahkan gaji seorang ART bisa mencapai Rp5,8 juta per bulan dengan bonus lembur yang akan mereka dapatkan setiap minggunya sebesar Rp250.000

6. Malaysia

Negara dengan gaji TKI tertinggi adalah Malaysia. Para TKI yang menjadi ART di Malaysia biasanya akan digaji rata-rata Rp5 juta per bulan. Bahkan para TKI yang menjadi buruh juga akan mendapatkan uang lembur sebesar Rp30 ribu per jam sebagai tambahan penghasilan. 

Demikian info 6 negara dengan gaji TKI tertinggi. Semoga bisa membantu kamu yang sedang mencari info mengenai upah kerja di luar negeri.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 6 Negara dengan Gaji TKI Tertinggi, Ada yang Capai Rp36 Juta per Bulan "

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut