get app
inews
Aa Read Next : Pantai Pangandaran dan Taman Safari Jadi Destinasi Wisata Favorit di Jabar saat Libur Lebaran

5 Tempat Bersalju di Indonesia Mirip Luar Negeri, 2 Ada di Pulau Jawa

Rabu, 02 November 2022 | 11:41 WIB
header img
Tempat bersalju di Indonesia yang paling indah. Foto: Instagram @indoflashlight

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Indonesia memiliki destinasi wisata yang sangat beragam, ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi salah satunya tempat bersalju di Indonesia mirip luar negeri.

Jika sudah bosan berkunjung ke pantai, danau ataupun pegunungan, Anda wajib mengunjungi tempat bersalju di Indonesia sekali seumur hidup pasti akan sangat berkesan.

Indonesia merupakan daerah tropis yang dilalui garis khatulistiwa, hal ini berarti hanya ada dua musim saja di Indonesia, yakni kering dan penghujan.

Kendati demikian, ada beberapa tempat di Indonesia di mana Anda bisa merasakan salju meskipun tak sebanyak kala musim dingin di negara empat musim. Jadi di mana saja tempat bersalju di Indonesia dan keindahan apa yang ditawarkan? Berikut ulasannya! Dirangkum pada Jumat (28/10/2022).

5 Tempat Bersalju di Indonesia Mirip Luar Negeri

1. Puncak Jaya Wijaya

Pegunungan Jayawijaya merupakan pegunungan tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang terdapat di Papua Tengah. Tempat ini menjadi salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia. Sudah bisa dipastikan dari letak puncak Jaya Wijaya, suhu udara di gunung tersebut bisa mencapai 2 derajat celcius.

Pegunungan Jayawijaya memiliki wilayah yang selalu diselimuti salju, yaitu Puncak Jaya atau Carstenz Pyramid. Awalnya banyak para ilmuwan yang menyebutkan , salju pada puncak gunung Jaya Wijaya adalah salju abadi, namun seiring berjalannya waktu BMKG menyatakan hal tersebut tak akan bertahan lama apabila pemanasan dan peningkatan suhu terus berlanjut dan diprediksi akan mencair pada 2025.

Menjadi salah satu tempat favorit pendaki, puncak Jaya Wijaya menawarkan pemandangan indah serta jadi track yang menantang untuk mendaki. Namun, untuk sampai di puncaknya dan menyaksikan pemandangan yang indah itu Anda harus rela mengeluarkan biaya yang cukup mahal, dengan estimasi harga total sekitar Rp51 juta.

2. Gunung Semeru

Secara administratif Gunung Semeru berada di dua wilayah kabupaten yaitu, Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Gunung Semeru disebut juga dengan Gunung Meru, memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Suhu udara di gunung satu ini cukup dingin yang terkadang mencapai -2 derajat celcius.

Gunung berapi ini tertinggi ketiga setelah Gunung Kerinci. Tak kalah dengan gunung-gunung lainnya di Indonesia, gunung Semeru menyuguhkan pemandangan indah dari beraneka ragam hayati di sekitar kawasan Semeru, seperti Akasia, Cemara, Pinus. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut