get app
inews
Aa Read Next : 5 Kota di Dunia dengan Penduduk Berumur Panjang, Ada yang Mencapai Usia 100 Tahun

6 Negara yang Menggunakan Bahasa Indonesia, Nomor 3 Dijadikan Bahasa Resmi

Minggu, 30 Oktober 2022 | 07:13 WIB
header img
Negara yang menggunakan bahasa Indonesia, ada yang dijadikan pelajaran wajib di sekolah-sekolah hingga jadi bahasa resmi. Foto: Twenty20photos/Elements Envato

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah 6 negara yang menggunakan bahasa Indonesia, ada yang dijadikan pelajaran wajib di sekolah-sekolah hingga jadi bahasa resmi.

Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara, hal tersebut dikutip dari laman Kemdikbud. Selain itu bahasa Indonesia telah mencakup 47 negara di seluruh dunia.

Lantas negara mana saja yang menggunakan Bahasa Indonesia? Berikut ini daftarnya.

6 Negara yang menggunakan Bahasa Indonesia

1. Suriname

Sekitar 14 persen dari total penduduk Suriname adalah orang Indonesia yang dulunya dibawa oleh pemerintah Hindia Belanda untuk dijadikan buruh. Tak heran jika disini, Bahasa Indonesia dijadikan sebagai sebuah program studi.

2. Australia

Negara tetangga kita yang juga menggunakan Bahasa Indonesia adalah Australia. Di negeri Kanguru ini, Bahasa Indonesia masuk sebagai mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah.

Salah satu sekolah yang mewajibkan pelajaran Bahasa Indonesia adalah Burgmann Anglican School di Ibu Kota Canberra dan University of Southern Queensland. Tak heran jika berkunjung ke Australia, kamu akan menemukan anak-anak usia 6 tahun sudah fasih Bahasa Indonesia.

3. Vietnam

Sama-sama berada di Asia Tenggara, Vietnam menjadikan Bahasa Indonesia sebagai resmi ke-2 di negara tersebut. Hal ini dikarenakan adanya hubungan bilateral antara Vietnam dan Indonesia.

4. Jepang

Hubungan bilateral yang kuat antara Jepang dan Indonesia turut meningkatkan minat masyarakat Jepang untuk mempelajari Bahasa Indonesia. Tak hanya bahasa, masyarakat Jepang juga punya antusias tinggi untuk mempelajari berbagai kebudayaan bangsa kita.

Sama seperti di Australia, di beberapa sekolah di Jepang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut