get app
inews
Aa Read Next : 5 Fakta Gempa Garut Berkekuatan M 6,5, Warga Panik hingga 3 Orang Terluka  

5 Negara yang Pernah Terjadi Gempa Besar dan Telan Banyak Korban Jiwa, Nomor 4  Bermagnitudo 9

Senin, 13 Februari 2023 | 09:19 WIB
header img
Gempa Bali. Foto: BNPB

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah deretan negara yang pernah mengalami gempa besar dan menimbulkan banyak korban jiwa. Gempa bumi yang terjadi selain menyebabkan korban tewas juga dapat menyebabkan kerusakan secara massal dan kerugian yang cukup besar.

Penyebab gempa bumi bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari pergeseran lempeng tektonik, tekanan air, perubahan suhu, hingga pergerakan magma di gunung berapi. Gempa bumi juga dapat memicu terjadinya bencana alam lainnya, seperti tanah longsor hingga tsunami.

Lantas, negara mana saja yang pernah mengalami gempa besar  dan menelan banyak korban? Simak ulasan  berikut ini.

Negara yang Pernah Terjadi Gempa Besar dan Telan Banyak Korban Jiwa

1. Jepang

Gempa dengan magnitudo 7,9 melanda wilayah Tokyo-Yokohama, Jepang pada 1 September 1923. Korban akibat gempa tersebut diperkirakan lebih dari 140.000 orang. Lebih dari setengah bangunan bata serta sepersepuluh struktur beton di wilayah tersebut runtuh.

Selain itu, ratusan ribu rumah terbakar akibat kebakaran yang dipicu oleh gempa. Gempa menghasilkan tsunami dengan ketinggian mencapai 12 meter di Atami, Teluk Sagami yang menghancurkan 155 rumah serta menewaskan 60 orang.

2. China

Gempa bumi mengguncang wilayah Provinsi Shaanxi, China Utara pada 23 Januari 1566. Gempa bermagnitudo 8 ini mengakibatkan 830.000 orang meninggal dunia. Gempa tersebut menewaskan sekitar 60 persen populasi wilayah tersebut. Banyaknya korban dipicu oleh padatnya penduduk serta konstruksi bangunan rumah yang kurang baik.

Pusat gempa berada di dekat kota Huaxian, Weinan, Huayin tepatnya di lembah Sungai Wei, Provinsi Shaanxi. Gempa pun menimbulkan kebakaran. Tak hanya itu, gempa juga menimbulkan retakan di permukaan tanah sedalam 1,8 meter.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut