get app
inews
Aa Read Next : 5 Kota di Dunia dengan Penduduk Berumur Panjang, Ada yang Mencapai Usia 100 Tahun

Inilah Negara dengan Waktu Puasa Tersingkat dan Terlama di Dunia

Selasa, 07 Maret 2023 | 11:24 WIB
header img
Ilustrasi Negara dengan Waktu Puasa Tercepat dan Terlama di Dunia. Foto: Reuters

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah negara-negara dengan waktu puasa tersingkat dan terlama di dunia, menarik untuk dibahas. Waktu berpuasa Ramadhan setiap negara tentu berbeda-beda.

Pada dasarnya, umat Muslim berpuasa Ramadan mulai Subuh, yaitu saat fajar menyingsing, hingga matahari terbenam yang menandai waktu maghrib untuk berbuka puasa. Pada saat tersebut umat Islam tidak diperbolehkan untuk minum, makan, dan melakukan hubungan suami-istri selama matahari masih terbit.

Waktu berpuasa Ramadhan di setiap negara berbeda-beda, ada yang membutuhkan kesabaran yang luar biasa lantaran siang hari hingga 20 jam lebih. Tetapi ada juga dengan waktu tercepat yakni 11 jam saja.

Berikut daftar negara dengan waktu puasa tercepat dan terlama di dunia yang patut diketahui, sebagaimana telah dihimpun Okezone.

Negara dengan Waktu Puasa Tercepat dan Terlama di Dunia

1. Selandia Baru

Selandia Baru adalah negara puasa tercepat di dunia. Muslim di Selandia Baru hanya berpuasa selama 11 jam saja. Selama bulan Ramadhan, New Zealand mengalami musim gugur hingga musim dingin yang menyebabkan matahari hanya muncul sebentar dan membuat waktu puasa menjadi lebih singkat.

2. Cile

Cile mencatat waktu puasa berkisar antara 12 jam 26 menit di hari pertama dan 11 jam 44 menit di hari terakhir. Selama bulan Ramadhan, negara bagian Amerika Selatan ini biasanya berada di pertengahan musim gugur hingga musim dingin. Saat dua musim ini berlangsung, matahari hanya muncul sebentar dan menyebabkan durasi waktu puasa menjadi lebih singkat.

3. Indonesia

Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam ini memiliki standar durasi puasa sekira 13 jam. Ramadhan di Indonesia merupakan hal yang sangat dirindukan sebab terkenal dengan keramaian dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut