Antisipasi Cuaca Ekstrim pada Hari H Pemilu 2024, KPU Ciamis Akan Berkoordinasi dengan BPBD

Andri M Dani
Antisipasi cuaca ekstrim pada hari H Pemilu 2024, KPU Ciamis akan berkoordinasi dengan BPBD Foto: Ilustrasi/SINDOnews

“Untuk tahapan Pemilu ini, terlebih menghadapi hari H Pemilu kami akan berkoordinasi dengan BPBD (Ciamis),” ungkap Sarno.

Dari 3.943 TPS pada Pemilu 2024 nanti, menurut Sarno akan dipetakan tingkat kerawanan bencananya. Terutama mengantisipasi cuaca ekstrim yang ditandai dengan turunnya hujan intensitas tinggi berdurasi lama yang disertai angin kencang dan petir. Yang puncaknya diperkirakan pada pertengahan Februari nanti.  

Semua penyelenggara pemilu di setiap tingkatan (KPU, PPK, PPS, KPPS) harus memahami ancaman bencana cuaca ekstrim.

“Mitigasi bencana menjadi rambu-rambu untuk menentukan lokasi TPS. TPS harus aman dan nyaman, jauh dari ancaman bencana,” katanya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Ciamis, R Memet Hikmat  kepada iNewsCiamisRaya.id menyebutkan dari keterangan resmi BMKG, diprediksi puncak cuaca ekstrim (hujan ekstrim) akan berlangsung pada pertengahan Februari 2024 nanti.

“Sementara di Ciamis pertengahan November ini sudah mulai turunnya hujan. Tapi belum merata. Saat ini sudah mulai peralihan musim dari kemarau kering (el Nino) ke cuaca ekstrim (la Nina). Puncak cuaca hujan ekstrim diprediksi BMKG akan terjadi pada pertengahan Februari 2024 nanti yang berpotensi terjadinya bencana hidrometeorologi,” jelas Memet. 

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network