Cegah Depresi hingga Sehatkan Jantung, Ini 7 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Devi Ari Rahmadhani/Eni Pepin Lusiani
Manfaat minum kopi di pagi hari. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id Kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan psikoaktif yang paling umum digunakan di dunia. Kafein dapat merangsang sistem saraf pusat kita, sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan fokus, dan mengurangi rasa kantuk.

Ketika kita minum kopi di pagi hari, kafein dalam kopi dapat memberikan dorongan energi tambahan yang dapat membantu memulai hari dengan lebih semangat.

Dengan rutin mengonsumsi kopi dapat memberikan dorongan energi dan meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat mengerjakan segala tugas di pagi hari. Namun, beberapa orang memilih untuk membatasi konsumsi kopi mereka karena beberapa alasan.

Dosis kafein yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan adalah sekitar 400 mg per hari untuk orang dewasa yang sehat. Tetapi jika kopi dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti insomnia (kesulitan tidur), kegelisahan, atau detak jantung yang cepat.

Penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki toleransi yang berbeda terhadap kafein. Beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap efeknya, sementara yang lain mungkin lebih toleran.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat memberikan manfaat kesehatan yang cukup mengesankan jika dikonsumsi dengan tepat. Bahkan orang yang minum banyak kopi, lebih dari lima atau enam cangkir sehari, jauh lebih sehat daripada orang yang tidak mengonsumsinya.

Penasaran, apa saja manfaat minum kopi di pagi hari? Dilansir dari Business Insider, Kamis (28/8/2023), simak rangkuman berikut ini.

Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

1. Mencegah depresi

Ketika dihadapi suatu masalah, seseorang bisa menjadi depresi. Tentu hal ini membuat kota tidak dapat menjalankan kegiatan sehari-harinya. Keadaan tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi kopi.

Satu studi besar terhadap lebih dari 50.000 wanita menunjukkan bahwa minum setidaknya satu cangkir kopi setiap minggu dapat menurunkan 15 persen risiko depresi. Sementara minum dua hingga tiga cangkir per hari dikaitkan dengan pengurangan risiko 20 persen.

Sementara studi lain yang melibatkan 100.000 pria dan wanita menemukan bahwa minum kopi dapat menurunkan 45 persen risiko kemungkinan meninggal karena bunuh diri.

2. Menjaga kesehatan hati

Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi kopi dan penurunan risiko sirosis, yaitu penyakit hati yang sering disebabkan oleh konsumsi alkohol berat. Sebuah tinjauan yang menggabungkan hasil dari sembilan penelitian menemukan bahwa minum lebih banyak kopi dapat dikaitkan dengan risiko sirosis yang lebih rendah. Dalam tinjauan tersebut, minum satu cangkir kopi per hari terbukti dapat menurunkan risiko sirosis sebesar 22 persen.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network