8 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi, Cegah Gangguan Kesehatan Serius

Dyah Ratna Meta Novia/Eni Pepin Lusiani
Olahraga merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi. Foto: Freepik

4. Makan serat

Makanan seperti oatmeal, apel, plum, dan kacang-kacangan kaya akan serat larut, yang mencegah tubuh menyerap kolesterol. Makan lebih banyak serat juga membuat perut kenyang lebih lama, mencegah keinginan untuk ngemil. Tingkatkan asupan serat pelan-pelan, karena kalau terlalu banyak bisa bikin perut kembung.

5. Kurangi konsumsi gula

Kurangi konsumsi gula bisa mengurangi kolesterol tinggi. Sebab jika konsumsi gula berlebihan maka mendorong hati memproduksi lebih banyak kolesterol jahat (LDL). Konsumsi gula yang banyak juga menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menghambat enzim pemecah kolesterol trigliserida. Oleh karena itu kurangi minum-minuman manis.

6. Beralih ke minyak zaitun

Mengganti butter dan minyak kelapa dengan minyak zaitun bisa mengurangi kolesterol LDL sebanyak 15 persen loh! Lemak "baik" dalam minyak zaitun bermanfaat bagi jantung, tapi ingat pilih extra virgin olive oil yang mengandung lebih banyak antioksidan.

7. Kelola stres sebisa mungkin

Stres jangka panjang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Ini terjadi karena saat stres hormon kortisol dan adrenalin naik. Oleh karena itu, belajar mengelola stres dengan baik sangat penting dilakukan.

8. Kurangi konsumsi minuman beralkohol

Sering minum-minuman keras alias alkohol menyebabkan beragam masalah kesehatan. Minum alkohol malah meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jika berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan jantung.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi kolesterol tinggi untuk mencegah gangguan kesehatan yang lebih serius. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman OKezone dengan judul "8 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Makan Ikan!"

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network