8 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi, Cegah Gangguan Kesehatan Serius

Dyah Ratna Meta Novia/Eni Pepin Lusiani
Olahraga merupakan salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id Kolesterol tinggi berdampak buruk bagi kesehatan. Tetapi seringkali orang tidak sadar jika ia memiliki kolesterol tinggi.

Bahaya kolesterol tinggi dapat muncul karena sering melakukan kebiasaan buruk, seperti mengonsumsi makanan berlemak dan jarang melakukan berolahraga.

Saat kolesterol jahat (LDL) tinggi, jika tidak segera ditangani maka akan berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. Maka dari itu, segera kendalikan dengan cara mengurangi kolesterol LDL jahat dan meningkatkan kolesterol HDL si kolesterol baik.

Suzanne Steinbaum, DO, Ahli Jantung di Lenox Hill Hospital, New York menjelaskan, mengurangi kolesterol dalam tubuh sebetulnya hanya dengan melakukan perubahan sederhana dalam gaya hidup.

“Saat Anda mengadopsi perubahan gaya hidup, semuanya mulai berubah. Ada peningkatan yang bisa dilihat pada 6 minggu, dan sering kali meningkat (lebih baik) dalam 3 bulan,” kata dokter Suzanne, dikutip dari Mayo Clinic.

Lantas, bagaimana cara untuk mengurangi kolesterol? Menghimpun National Health Service UK, Mayo Clinic, dan Web MD, yang sudah ditinjau Carol DerSarkissian, MD, berikut paparan cara mengurangi kolesterol.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

1. Olahraga

Gerak aktif sehari-hari sangat penting, dokter Sarah Samaan, MD, ahli jantung di Texas mengatakan berolahraga setidaknya 2 1/2 jam dalam seminggu sudah cukup untuk meningkatkan HDL. Pilih olahraga yang disukai, atau lakukan yang ringan dan menyenangkan seperti berjalan kaki, renang dan bersepeda.

2. Kurangi berat badan

Tak perlu langsung drastis, menurunkan 4,5 kilogram saja kita sudah bisa mengurangi kolesterol jahat sampai 8 persen. Target yang masuk akal dan aman adalah menurunkan berat badan 0,4 hingga 0,9 kilogram per pekan dan dilakukan terus dari waktu ke waktu.

3. Makan ikan

Coba makan ikan dua sampai empat kali dalam seminggu. Ikan yang mengandung lemak omega-3 dalam ikan tidak hanya menyehatkan jantung, tetapi juga bantu menurunkan kolesterol karena mengurangi paparan lemak jenuh, yang banyak di daging merah. Pilih ikan salmon, sarden, dan tuna sirip biru.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network