“Tapi apakah jembatan tersebut nanti merupakan jembatan terpisah atau menjadi jembatan yang terkoneksi langsung dengan rencana pembangunan jembatan Cirahong yang digagas Pemkab Ciamis juga belum ada pembicaraan,” imbuhnya.
Dengan fokusnya tahapan pembangunan jalan tol Getaci tahap I hanya sampai Ciamis, GT Ciamis akan menjadi gerbang utama paling depan sebagai akses konektivitas lalu lintas dan perekonomian menuju Bandung dari arah Cilacap (Jateng), Banjar maupun Pangandaran serta Ciamis sendiri tentunya.
Berapa kajian dan perhitungan lapangan sedang dilakukan tim appraisal dalam mendata titik-titik lokasi yang akan menjadi cost pengadaan lahan.
“Cuma belum ada perhitungan rincinya, termasuk jumlah titik objek lahan yang akan dibebaskan. Tapi penilain sudah dilakukan,” ujar Andang.
Sementara progres rencana pembangunan jalan tol Getaci tahap satu sampai Ciamis tersebut segera memasuki tahap pembangunan fisik seksi 1 dari Gede Bage (Bandung) menuju Garut Utara sepanjang 45,20 km yang dijadwalkan dimulai awal tahun 2025 nanti.
Dan proses pengadaan/pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Getaci seksi (junction) 1 (Gedebage-Garut Utara) tersebut sudah berlangsung.
Editor : Asep Juhariyono