get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Minggu 21 Juli 2024

Membuat Awug Merah Putih, Tradisi Jelang Hari Raya Idul Adha yang Semakin Langka di Ciamis

Senin, 17 Juni 2024 | 08:25 WIB
header img
Membuat awug merah putih, tradisi jelang Hari Raya Idul Adha yang semakin langka di Ciamis. Foto: Dok Kang Aif Syarifudin

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – Jauh sebelum tersohornya ketupat dan opor menjadi kuliner yang identik dengan Lebaran Idul Fitri maupun Hari Raya Kurban/Idul Adha, ada sejumlah makanan yang menjadi tradisi saat menghadapi kedua hari raya tersebut. Seperti awug merah putih, apem, papais dan peuyeum serta kue saroja.

“Tempo dulu, nenek moyang  menjelang lebaran Idul Fitri maupun hari raya kurban/Idul Adha sibuk membuat makanan tradisional berupa awug merah putih, apem, papais serta kue saroja,” ujar Aif Sarifudin, budayawan Sunda dari Ciamis kepada iNewsCiamisRaya.id, Ahad (16/5/2024).

Berbagai makanan tradisional tersebut tidak hanya untuk dikonsumsi sendiri. Tetapi juga dengan menggunakan rantang diantar ke tetangga maupun sanak keluarga.

“Tradisi silih anter makanan dan saling tukar makanan yang biasanya dengan menggunakan tentengan rantang tersebut kini sudah hampir punah. Termasuk tradisi membuat awug merah putih saat menyambut Idul Fitri maupun Idul Adha juga sudah semakin langka,” jelasnya.

Berbagai makanan tradisional tersebut tergerus dengan kehadiran kue-kue modern yang marak menjelang hari raya,  Lebaran khususnya. Juga semakin tenggelam dengan semakin sohornya ketupat, opor dan rendang yang menjadi sajian identik ketika Lebaran Idul Fitri maupun Hari Raya Kurban Idul Adha.

“Sampai tahun 1990-an, berbagai makanan tradisional seperti awug merah mulai menghilang tergerus zaman. Tapi tidak di Kampung Adat Kuta maupun di lingkungan pemukiman Museum Ki Sunda di Sambong Jaya Desa Mekarmukti, Cisaga, Ciamis,” jelas Aif yang juga  owner sekaligus pengelola Museum Ki Sunda di Dusun Sambong Jaya Desa Mekarmukti,  Cisaga, Ciamis tersebut.

Di Kampung Kuta di Desa Karangpaningal Tambaksari maupun di lingkungan Museum Ki Sunda Dusun Sambong Jaya Desa Mekarmukti, suguhan berupa awug merah putih selalu hadir saat Lebaran Idul Fitri, Idul Adha maupun acara resepsi pernikahan dan hajatan syukuran.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut