get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Keluarga Honorer Pelaku Penipuan di Kota Banjar Ajukan Praperadilan

Kamis, 16 Mei 2024 | 07:08 WIB
header img
Keluarga honorer pelaku penipuan di Kota Banjar ajukan praperadilan. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Keluarga honorer pelaku penipuan di Kota Banjar, Jawa Barat mengajukan praperadilan berkaitan dengan penetapan tersangka berinisial RR (31) atas kasus penipuan yang menjeratnya.

Pihak keluarga RR mengajukan praperadilan dengan didampingi tiga kuasa hukum ke Pengadilan Negeri Kota Banjar. Menurut salah satu kuasa hukumnya, Wawan Rosmawan, permohonan pra peradilan terkait kasus yang menjerat kliennya sudah diajukan.

"Kami melakukan permohonan pra peradilan ke Pengadilan Negeri Kota Banjar per 13 Mei 2024," katanya, Rabu (15/4/2024).

Tujuan permohonan praperadilan ini untuk menguji penetapan tersangka, penetapan, dan proses lainnya yang dilakukan oleh penyidik terhadap terlapor.

"Apakah proses penetapan tersangka terhadap terlapor begitu juga proses lainnya seperti penahanan, penyitaan, dan lain sebagainya yang dilakukan pihak penyidik itu sah atau tidak," kata dia.

Wawan menjelaskan, sebagai kuasa hukum RR, dirinya menyerahkan sepenuhnya proses praperadilan itu kepada hakim yang memeriksa perkara kliennya.

"Jika sudah diperiksa oleh hakim nanti kita amati apakah permohonan kami dikabulkan atau ditolak. Kami serahkan kepada yang punya wewenang," terangnya.

Apabila berbicara terkait status penetapan tersangka terhadap terlapor, Wawan meminta kepada semua pihak agar menghormati proses yang berjalan dan mengedepankan asas praduga tidak bersalah.

"Sebelum hakim Pengadilan memutus tersangka atau terlapor bersalah melakukan dugaan sebagaimana yang disangkakan oleh pihak kepolisian," ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut