get app
inews
Aa Read Next : 7 Rekomendasi Tempat Bakso di Kota Banjar, Cocok Dinikmati saat Libur Lebaran

Awak Bus Angkutan Mudik Lebaran 2024 Jalani Tes Urine di Terminal Ciamis

Sabtu, 06 April 2024 | 08:42 WIB
header img
Awak bus angkutan mudik Lebaran 2024 jalani tes urine di Terminal Ciamis. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Petugas gabungan dari Dishub Ciamis, BNN dan Polres Ciamis melakukan pengecekan kelaikan (ramp check) angkutan bus AKDP maupun AKAP  yang melintas di terminal Ciamis, Jumat (5/4/2024) siang WIB.

Menurut Kadishub Ciamis Dadang Mulyatna, kegiatan ramp check tersebut untuk memastikan kondisi bus yang digunakan untuk mengangkut penumpang (pemudik lebaran) dalam kondisi layak jalan.

Katanya ada beberapa kondisi yang dicek seperti lampu, pengereman, ban, klakson hingga kelengkapan surat-surat kendaraan serta SIM sopir.

“Sampai siang ini kami belum menemukan bus yang digunakan untuk angkutan lebaran yang trayeknya tidak cocok dengan surat menyurat. Ini bisa dicek langsung dari barcodenya. Semuanya sesuai dengan trayek,” ujar Dadang.

Namun Dadang mengaku ada beberapa bus yang menggunakan ban vulkanisir.

Pengecekan kondisi kelaikan kendaraan tersebut menurut Dadang untuk memberikan kepastian keselamatan, keamanan dan  kenyamanan pada penumpang dan pengguna jalan.

Dari hasil ramp check yang dilakukan siang tersebut tidak ada bus yang disuruh kembali ke pool-nya, semuanya dianggap layak untuk mengangkut penumpang (pemudik).

Selain mengecek kondisi kelaikan bus (ramp check), para awak bus juga menjalani tes urine serta di cek kondisi tubuhnya (cek tensi dan saturasi).

“Dari hasil tes urine sampai siang ini, semuanya negatif. Dan kondisi kru dalam keadaan sehat. Tidak ditemukan awak bus yang sakit, atau lelah. Rata-rata kondisinya cukup fit,” ujar Kepala BNN Ciamis, Yaya Suryadijaya kepada iNewsCiamisRaya.id dan wartawan lainnya di Terminal Ciamis, Jumat (5/4/2024).

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut