get app
inews
Aa Read Next : 7 Candi Paling Angker dan Mistis di Indonesia, Nomor 5 Legenda Keberuntungan dalam Percintaan

Cerita Gunung Kawi yang Terkenal sebagai Tempat Pesugihan

Senin, 26 Februari 2024 | 11:38 WIB
header img
Cerita Gunung Kawi yang terkenal sebagai tempat pesugihan. Foto: Avirista Midaada/MPI

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Gunung Kawi terletak di Desa Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gunung ini terkenal selain keindahan alamnya, juga karena kaitannya dengan pesugihan. Keberadaan makam-makam di Gunung Kawi menjadi salah satu faktor utama mengapa Gunung Kawi terkenal sebagai tempat pesugihan.

Dilansir dari Travellora, di atas Gunung Kawi terdapat pemakaman tiga agama. Di lereng Gunung Kawi, pada ketinggian sekitar 2.500 meter di atas permukaan laut (mdpl), terdapat pemakaman yang diyakini sebagai makam kembar suci milik Mbah Djoego atau Kyai Zakaria II dan Iman Soedjono.

Mbah Djoego dikenal sebagai tokoh yang memainkan peran penting dalam mempelopori perkembangan pertanian di daerah Gunung Kawi.

Sedangkan, Iman Soedjono dikenal sebagai salah satu dari 70 bangsawan yang turut berperang bersama Pangeran Diponegoro pada tahun 1825-1830.

Keduanya dikenal sebagai sosok pemberani yang sekaligus merupakan penasihat spiritual bagi Pangeran Diponegoro selama perjuangan melawan kolonialisme.

Di sepanjang jalan desa yang menuju makam keduanya, bahkan diceritakan bagaimana Mbah Djoego dan Iman Soedjono turut membantu Pangeran Diponegoro selama masa penjajahan

Di sekitar makam tersebut, ada pohon buah suci (sian tho) yang juga dikenal dengan nama dewandaru. Pohon ini dipercaya berasal dari tongkat milik Mbah Djoego yang diyakini ditancapkan ke tanah untuk melindungi wilayah Gunung Kawi, khususnya Wonosari.

Para peziarah yang datang ke tempat ini suka mengambil daun, ranting, bahkan buah dari pohon tersebut untuk dijadikan jimat. 

Berdekatan dengan makam kedua tokoh muslim tersebut, terdapat sebuah kuil Konfusianisme atau Buddha dengan Kwan Im sebagai rajanya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut