get app
inews
Aa Read Next : Suami Tega Mutilasi Istri Jadi 4 Bagian Lalu Diletakkan di Depan Pos Ronda 

5 Gunung Pesugihan di Indonesia, Nomor 3 Lakukan Ritual Nyeleneh

Minggu, 25 Desember 2022 | 09:34 WIB
header img
Gunung Pesugihan di Indonesia. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah deretan gunung pesugihan di Indonesia, menarik untuk disimak. Mungkin Anda pernah mendengar kata pesugihan atau juga gunung pesugihan. Orang-orang yang menginginkan kekayaan, kesejahteraan dan kemakmuran secara instan akan mendatangi tempat-tempat tersebut. Dan praktek semacam itu benar terjadi dan sudah tidak asing lagi di masyarakat.  

Tetapi ada juga masyarakat yang kurang percaya dengan praktek pesugihan, mereka menganggap hal tersebut hanya ada di film-film, misalnya film Tumbal Kanjeng Iblis. Sebenarnya anggapan yang demikian juga tidak masalah, karena pesugihan merupakan praktek yang juga masih dekat dengan hal ghaib atau tak terlihat, sehingga sangat wajar jika banyak yang tidak percaya.

Namun, dari rumor yang beredar ataupun praktek seperti yang digambarkan di film-film, salah satunya Tumbal Kanjeng Iblis, praktek pesugihan selalu meminta tumbal, mahar atau bayaran yang seringkali berupa nyawa manusia, atau yang lainnya.

Apa Itu Pesugihan

Pesugihan adalah upaya untuk mendapatkan kekayaan atau keberuntungan dengan cara-cara yang dianggap tidak sah atau tidak sesuai dengan agama dan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Biasanya, pesugihan melibatkan penggunaan sesajen atau tumbal dan dilakukan dengan bantuan seorang dukun atau pawang yang diyakini mampu mengabulkan permintaan orang yang melakukan pesugihan.

Pesugihan dianggap tidak sah dan tidak dibenarkan oleh agama-agama mayoritas di dunia, termasuk agama-agama monoteistik seperti Islam, Kristen, dan Yahudi, serta agama-agama dinamis seperti Hinduisme dan Budhisme. Pesugihan juga tidak diakui oleh hukum positif di banyak negara, termasuk Indonesia, sehingga dapat dikenakan sanksi hukum jika terbukti melakukan tindakan tersebut.

Gunung Pesugihan

Umumnya praktek pesugihan dilakukan di gunung-gunung tertentu karena menurut kepercayaan setempat, gunung merupakan tempat yang sangat sakral dan memiliki banyak penghuni gaib mulai dari yang biasa hingga dianggap sosok kuat.

Kepercayaan ini membuat banyak orang yang dengan santainya membuang akal dan nalar mereka hanya untuk mendapatkan kekayaan secara instan. Berikut beberapa gunung yang dipercaya sebagai lokasi pesugihan.

Gunung Pesugihan di Indonesia

1. Gunung Lawu, Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat

Yang pertama ada Gunung Lawu gunung pesugihan di Indonesia. Gunung pesugihan setinggi 3625 mdpl ini memiliki tiga puncak, Hargo Dalem, Hargo Domila dan Hargo Domili yang dianggap sebagai tempat sakral di Tanah Jawa. Ketiga tempat tersebut dianggap sakral karena Hargo Dalem dianggap warga setempat sebagai petilasan dari Prabu Brawijaya, Hargo Domili juga dianggap sebagai petilasan dari Ki Sabdo Palon dan Hargo Domila menjadi tempat yang digunakan bermeditasi oleh para penguasa-penguasa Tanah Jawa jaman dahulu.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut