get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Sholat Kabupaten Ciamis dan Sekitarnya, Kamis 9 Mei 2024

Keseruan Mahasiswa New York University USA Belajar Main Wayang, Menabuh Kohkol dan Gamelan di Ciamis

Senin, 15 Januari 2024 | 13:14 WIB
header img
Keseruan mahasiswa New York University USA belajar main yayang, menabuh kohkol dan gamelan di Ciamis. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

Minggu (14/01/2024) pagi para mahasiswa NYU yang sebagian besar bule tersebut bergabung sama ibu-ibu kelompok tani bercocok tanam mengolah tanah, mengunjungi pasar warga “Pasar Manoro” serta menyaksikan meriahnya pesta rakyat “ngobeng” ngubyag balong serta hebohnya lomba gebuk bantal dan panjat bambu (rebutan).

Ikut “Minggu Ulin” bersama warga dan anak-anak. Aktif bermain kaulinan budak. Sesuatu yang tak pernah mereka temui di negara asalnya di Amerika sana. Seperti main egrang (jajangkungan), pecle, sapintrong serta gerak dan lagu. “Hebohnya tadi waktu main jajangkungan,” imbuh Deni Weje.

Senin (15/01/2024) para mahasiswa dan mahasiswi dari New York tersebut akan menikmati keindahan alam kaki Gunung Sawal serta sejuk dan jernih nya air Sungai Cileueur di Cadas Ngampar Gunungsari.

Siang hari Senin tersebut rombongan mahasiswa NYU yang didampingi mahasiswa dan dosen SBM ITB akan kembali ke Bandung.  Mereka dan bus rombongan diberangkatkan dari Kampung Lebak, Kampung Kerukunan Jl Pemuda Ciamis.

Menurut dosen SBM ITB, Dr Prameshwara Anggahegari  ke 16 mahasiswa New York University  yang mengikuti field study di Kampung Kaulinan Cibunar Ciamis tersebut merupakan peserta program Short Winter Course (Winter School Embracing Diversity: challenges and context in sustainability) selama 2 minggu di SBM ITB. Mereka berasal dari Tandon School of Engineering New York University USA yang sedang mengisi waktu libur winter (musim dingin).

“Setelah kuliah di ruangan, ini puncaknya kegiatan lapangan (field study). Tiga hari di Kampung Cibunar,” ujar Dr Prameshwara.

DR Prameshwara mengungkapkan tahun 2024 ini merupakan tahun ke-3 SBM ITB mendampingi mahasiswa asing dari universitas di luar negeri melakukan studi lapangan di Indonesia untuk mengenal budaya, tradisi, seni, ekonomi dan berbagai hal lainnya yang bersifat perbauran multikultural, keberagaman dan tradisi.

Kegiatan tersebut berlangsung setelah pandemi Covid-19 reda. Tahun 2022 katanya, rombongan mahasiswa dari Queensland Australia yang melakukan field study di Sakola Motekar Kampung Cibunar Sukajadi Sadananya tersebut. Tahun 2023, bersamaan dengan peringatan Agustusan, rombongan mahasiswa dari berbagai negara (Afrika, Asia, Eropa dan Amerika) hadir di Cibunar.

”Tahun 2024 ini dari New York University,” imbuhnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut