get app
inews
Aa Read Next : Belasan Rumah di Ciamis Rusak Terdampak Gempa Garut M 6,5, Terbanyak di Kecamatan Banjarsari

Ngubyag Balong, Tradisi Tangkap Ikan dengan Tangan Kosong di Kampung Cibunar Ciamis

Senin, 15 Januari 2024 | 09:33 WIB
header img
Ngubyag Balong, tradisi tangkap ikan dengan tangan kosong di Kampung Cibunar Ciamis. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Ratusan  warga tumpah ruah di lembur kaulinan Cibunar Desa Sukajadi Sadananya, Ciamis, Minggu (14/01/2024) siang.

Mereka mengisi waktu liburan akhir pekan Minggu tersebut dengan menonton ngubyak balong alias ngobeng.

Tidak hanya menonton, tapi banyak juga warga yang turun ke balong. Laki-laki, perempuan, anak-anak, emak-emak pun tidak ketinggalan. Mereka saling adu kemahiran, adu nasib menangkap ikan dengan tangan kosong (ngobeng).

“Ada dua kuintal tadi yang dilepas ke balong,” ujar Dadang, salah seorang panitia ngobeng di Lembur Kaulinan Kampung Cibunar Sukajadi Sadananya Ciamis kepada iNewsCiamisRaya.id, Minggu (14/01/2024).

Dua kuintal ikan yang dilepas ke balong untuk ngobeng tersebut dibeli dari warga setempat yang punya kolam. Macam-macam jenis ikannya, ada kancra (kan mas), nila, nilem dan yang terbanyak malah ikan belly (bawal ikan air tawar).

Ikan-ikan yang dibeli dari warga tersebut ramai-ramai kembali ditangkap oleh warga. Hiburan ngobeng Minggu siang itu, dari warga untuk warga.

Hiburan ngobeng mulai pukul 13.00 WIB Minggu (14/01/2024) siang dan usai pukul 15.00 WIB sorenya sebelum waktu Salat Asar.

Sebelum ritual tradisi ngobeng dimulai, diawali dulu dengan hiburan gebuk bantal di bentangan batang bambu di atas kolam.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut