get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Rabu 22 Mei 2024

Hadapi Pileg 2024, Pesantren Nurul Firdaus Panumbangan Ciamis Siapkan Terapi Khusus Bagi Caleg Gagal

Selasa, 14 November 2023 | 15:59 WIB
header img
Pesantren Nurul Firdaus Panumbangan Ciamis siapkan terapi khusus bagi caleg gagal Pileg 2024. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Seperti halnya pada Pileg 5 tahun lalu, menghadapi Pileg tahun 2024 mendatang Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Firdaus mempersiapkan layanan khusus bagi para caleg yang stres atau depresi akibat gagal terpilih jadi anggota legislatif.

Ponpes Nurul Firdaus yang berada di Dusun Panoongan Desa Kertaraharja Kecamatan Panumbangan Ciamis menyediakan 10 kamar khusus untuk perawatan (asrama) dengan kapasitas 100 orang.

Kamar untuk perawatan caleg depresi tersebut lazimnya kamar (kobong) ponpes. Kamar besar dengan fasilitas bersama.

“Menghadapi Pileg 2024 ini, kami sudah persiapkan tempat dengan kapasitas untuk 100 orang. Kalau dimaksimalkan bisa menampung 200 orang,” ungkap Ustadz Dr H Gumilar, pimpinan Ponpes Nurul Firdaus kepada iNewsCiamisRaya.id Minggu (12/11/2023).

Pada Pileg 2019 lalu, menurut Ustadz Gumilar ada 45 caleg yang menjalani terapi perawatan di Ponpes Nurul Firdaus karena depresi atau stress karena gagal, tidak terpilih jadi anggota dewan.

Ke 45 caleg tersebut menjalani perawatan secara holistik (termasuk hipnoterapi dan ruqyah) selama 4 bulan. Tergantung tingkat depresi yang dialami. Mereka berasal dari berbagai daerah. Tidak hanya dari Jawa Barat tetapi juga dari luar Jabar.

"Atau menjalani perawatan selama 7 bulan bagi yang mengalami depresi yang berat," katanya.

Ustadz Dr H Gumilar memprediksi menghadapi Pileg 2024, jumlah caleg stress akan berkurang. Mengingat caleg yang akan bertarung pada Pileg 2024 jauh lebih siap secara psikologis.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut