get app
inews
Aa Read Next : 7 Tipe Kaum Wanita yang Tertipu Fitnah Dajjal di Akhir Zaman, Salah Satunya Tabarruj

Sebelum Kiamat Terjadi, Dunia Akan Dikuasai Dajjal Kecuali 4 Tempat Ini

Rabu, 25 Oktober 2023 | 15:36 WIB
header img
Sebelum Kiamat terjadi, dunia akan dikuasai Dajjal. Namun, ada empat tempat di muka bumi yang tidak dapat dimasukinya. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Dalam Islam, Dajjal merupakan sosok manusia yang akan muncul di akhir zaman dan membuat fitnah besar. Kemunculannya sebagai salah satu dari 10 tanda besar Kiamat.

Dajjal akan memerintah dunia selama 40 hari sebelum Kiamat terjadi dan akhirnya mati di tangan Nabi Isa 'alaihissalam. Dajjal diyakini memiliki kekuatan yang diberikan oleh Allah untuk menguasai dunia dan menyesatkan umat manusia dengan tipu daya dan kebohongan. Meskipun ia memiliki pengaruh yang besar, terdapat empat tempat yang tidak dapat dimasuki oleh Dajjal.

Lalu, apa saja tempat yang tidak dapat dimasuki oleh Dajjal? Berikut ulasannya.

Dalam satu Hadis, Nabi Muhammad bersabda: "Sesungguhnya ia (Dajjal) muncul di daerah perbatasan antara Syam dan Iraq, sehingga berbuat kerusakan di kanan dan di kiri." (HR Muslim 2937)

Dajjal akan menyebarkan fitnah dan kebohongan di seluruh dunia, tetapi ia tidak akan dapat memasuki dua kota yang disucikan Allah, yaitu Makkah dan Madinah. Selain Makkah dan Madinah, terdapat juga empat tempat suci lainnya yang tidak dapat dimasuki oleh Dajjal jika sosoknya sudah muncul.

Rasulullah bersabda: "Tidak ada satu negeripun, melainkan semua diinjak oleh Dajjal. Kecuali Makkah dan Madinah. Semua jalan yang menuju ke sana dijaga dengan malaikat dengan berbaris. Maka berhentilah Dajjal di sebuah kebun (di pinggir Kota Madinah). Madinah berguncang tiga kali. Lalu keluarlah semua orang-orang kafir dan munafik dari Kota Madinah menemui Dajjal." (HR Al-Bukhari 1881 dan Muslim 2943)

Dari Samurah bin Jundub, Rasulullah bersabda: "Dan dia (Dajjal) akan muncul di muka bumi seluruhnya, kecuali dua tempat suci (Makkah dan Madinah) juga Baitul Maqdis." (HR Al-Bukhari, Ahmad, dan Tirmidzi)

4 Tempat yang Tidak Dapat Dimasuki Dajjal

1. Masjidil Haram Makkah

Masjidil Haram di Makkah adalah salah satu tempat suci yang paling dimuliakan dalam Islam. Dajjal pun tidak akan dapat memasuki Kota suci Makkah. Hal ini merupakan berita baik bagi para jamaah yang melakukan ibadah haji atau umrah, karena mereka merasa dilindungi dari kejahatan Dajjal ketika berada di tempat suci ini.

2. Masjid Nabawi Madinah

Selain Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Kota Madinah juga merupakan tempat yang tidak dapat dimasuki Dajjal. Di area masjid inilah makam Nabi Muhammad berada. Keberadaan masjid dan makam Nabi Muhammad berserta malam keluarga dan sahabat menjadikan kota ini sebagai tempat yang aman dari ancaman Dajjal.

3. Masjidil Aqsa Palestina

Masjid Al-Aqsa di Palestina, juga dikenal sebagai Baitul Maqdis, dianggap sebagai tempat suci ketiga bagi umat Islam setelah Makkah dan Madinah. Selain itu, Masjid Al-Aqsa juga memiliki nilai keagamaan bagi komunitas non-Muslim, terutama dalam agama Yahudi dan Kristen.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut