get app
inews
Aa Read Next : Kumandang Azan Tak Terdengar Lagi, Banyak Masjid di Gaza Hancur Dibom Israel

5 Fakta Tentang Pohon Gharqad, Keberadaannya Diyakini Akan Melindungi Umat Yahudi di Akhir Zaman

Selasa, 17 Oktober 2023 | 13:19 WIB
header img
Pohon Gharqad dijuluki juga pohon Yahudi yang akan melindungi mereka dari kejaran umat muslim saat terjadi perang akhir zaman. Foto: Ilustrasi/Ist.

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Fakta-fakta perihal Pohon Gharqad (الْغَرْقَدَ) disebutkan dalam Hadis Nubuwah sebagai pohon pelindung bagi umat Yahudi pada akhir zaman. Pohon ini diyakini akan tumbuh di wilayah Palestina dan akan menjadi perlindungan bagi umat Yahudi dari kejaran umat Muslim saat terjadi perang di akhir zaman.

Sering disebut sebagai pohon Yahudi, Pohon Gharqad ini memang memiliki kaitan dengan tradisi dan kepercayaan Yahudi. Saat ini pemerintah Israel sedang giat-giatnya menanam Pohon Gharqad di seluruh dunia, termasuk di Israel dan Yerusalem Palestina.

Kisah tentang pohon Gharqad ini disebutkan dalam Hadis Nubuwah yang diriwayatkan Abu Hurairah. Rasulullah bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يُقَاتِلَ الْمُسْلِمُونَ الْيَهُودَ فَيَقْتُلُهُمْ الْمُسْلِمُونَ حَتَّى يَخْتَبِئَ الْيَهُودِيُّ مِنْ وَرَاءِ الْحَجَرِ وَالشَّجَرِ فَيَقُولُ الْحَجَرُ أَوْ الشَّجَرُ يَا مُسْلِمُ يَا عَبْدَ اللَّهِ هَذَا يَهُودِيٌّ خَلْفِي فَتَعَالَ فَاقْتُلْهُ إِلَّا الْغَرْقَدَ فَإِنَّهُ مِنْ شَجَرِ الْيَهُودِ

Artinya: "Kiamat tidak akan terjadi sehingga kaum Muslimin memerangi Yahudi, lalu kaum Muslimin akan membunuh mereka sampai-sampai setiap orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, tetapi batu dan pohon itu berkata: "Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ini ada orang Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah dia." Kecuali (pohon) Gharqad karena ia adalah pohon Yahudi." (HR Al-Bukhari, Muslim)

Lantas, apa saja fakta-fakta tentang Pohon Gharqad? Simak rangkuman fakta-fakta tentang Pohon Gharqad sebagai pohon pelindung umat Yahudi.

Fakta Tentang Pohon Gharqad

1. Ciri Pohon Gharqad Memiliki Tekstur Keras dan Berduri


 

Pohon Gharqad memiliki ciri-ciri seperti tekstur keras dan berduri, beracun.  Akar pohon Gharqad mengeluarkan bulu (zaghab) dan duri. Imam an-Nawawi pernah berkata, "Gharqad adalah sejenis pohon berduri yang dikenal di Negeri Baitul Maqdis (Palestina)..." Abu Hanifah ad-Dinawari berkata, GharqaD Sejenis pohon berduri dari spesies terung-terungan, buahnya bulat seperti batu akik telah menjadi besar.

Dalam Kitab Al-Mu'jam Al-Wasith (المعجم الوسيط) disebutkan, Gharqad adalah pohon yang tingginya antara satu sampai tiga meter. Tergolong spesies terung-terungan, batang dan dahannya berwarna putih. Mirip pohon 'ausaj dari segi daunnya yang lunak dan dahannya yang berduri. Adapun bunganya yang berleher panjang lagi berbau harum, berwarna putih kehijauan. Buahnya berbentuk kerucut dapat dimakan. Pohon ini mirip pohon cemara tetapi tidak tinggi. Pohon Gharqad adalah pohon yang mempunyai umur yang cukup panjang.

2. Dijuluki Pohon Yahudi


 

Gharqad mempunyai julukan sebagai Pohon Yahudi karena pohon inilah yang akan melindungi umat Yahudi dari kejaran kaum muslim di akhir zaman nanti. Saat batu-batu dan semua pohon berbicara memberitahukan keberadaan orang Yahudi, tidak demikian dengan pohon Gharqad yang memilih diam untuk melindungi umat Yahudi. Pohon Gharqad bukan pohon kafir atau makhluk yang membangkang kepada Allah. Yang kafir hanyalah umat Yahudi yang ingkar kepada Allah. Gharqad adalah makhluk Allah yang tunduk kepada kehendak-Nya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut